Nasional

Polres Pringsewu Bentuk Polisi RW

22
×

Polres Pringsewu Bentuk Polisi RW

Sebarkan artikel ini

PRINGSEWU – Dalam Upaya memperkuat keamanan dan ketertiban di masyarakat Polres Pringsewu Polda Lampung membentuk Polisi RW (Rukun Warga).

Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya mengatakan, Polisi RW merupakan program menghadirkan Polisi di setiap RW untuk membangun interaksi positif dan konsisten antara Polisi dan masyarakat.

Kapolres menyebut Polisi RW ini berjumlah 109 personel diluar Bhabinkamtibmas yang bertugas menjaga Kamtibmas diwilayah binaan dengan tugas antara lain mendengarkan, mencatat, menganalisa dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Polisi RW ini, lanjut Kapolres, juga bertugas sebagai petugas sebagai penghubung atau LO (Liaison Officer) Polri di setiap RW, yang apabila tidak mampu mengatasi masalah yang ada sendiri maka wajib meneruskan kepada Polsek atau Polres.

“Polisi RW merupakan unit kepolisian tingkat lingkungan yang akan berfungsi sebagai mitra masyarakat dalam menjaga keamanan di setiap RW,” kata AKBP Benny Prasetya saat ditemui awak media usai memimpin apel besar Polisi RW di Mapolres setempat. Rabu (17/5/2023) siang.

AKBP Benny Prasetya menjelaskan Program Polisi RW merupakan Inovasi yang sangat positif untuk menjaga situasi Kamtibmas Kabupaten Pringsewu yang hadir di tengah masyarakat untuk mendengar keluhan masyarakat sekaligus berupaya mencari solusi (Problem Solving).

“Diharapkan Program Polisi RW mampu membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri, serta mampu menjalin komunikasi dua arah antara Polisi dengan Masyarakat,” jelasnya

Menjelang tahun politik, Kapolres Pringsewu juga menaruh harapan besar kepada Polisi RW untuk bisa membantu menciptakan suasana yang kondusif ditengah masyarakat.

“Terus lakukan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut menjaga situasi yang sejuk jelang pemilu 2024 salah satunya dengan tidak mudah percaya pada isu SARA dan Hoax,” imbuhnya

Lebih lanjut Kapolres berharap kepada masyarakat bersinergi dengan petugas Polisi RW yang telah ditugaskan wilayahnya masing-masing.

“Jika ada permasalahan baik kriminalitas atau perlu bantuan terkait pelayanan kepolisian bisa segera dikoordinasikan dengan petugas yang telah kami tunjuk di setiap RW agar dapat segera mendapatkan penanganan,” tandasnya. (Pon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *