Nasional

Satgas pamtas RI-MLY Yon Armed 16 TK Panen Raya bersama masyarakat

×

Satgas pamtas RI-MLY Yon Armed 16 TK Panen Raya bersama masyarakat

Share this article

ENTIKONG – Dansatgas Pamtas RI-MLY Yon Armed 16 TK Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem, M.I.P, M.Han memerintahkan Jajarannya untuk manunggal dengan rakyat terutama Danpos Mangkau Srk Rial susandi bersama Danki SSK III kpt Arm Arif Ridwan Adiguna dan Batih SSK lll Srk Andri Mulyo dan 5 anggota dengan melaksanakan panen raya kacang tanah bersama Kelompok Tani Dusun mangkau,Desa Palapasang,Kec. entikong Kab. Sanggau seluas 10 ha hari Selasa (19/9/23).

Para petani sejak dulu menanam kacang tanah varietas local yang beredar dikecamatan Entikong, pemilihan varietas itu mengikuti permintaan pasar karena ada beberapa hasil panen ini dikirim ke Jawa yang selalu siap menampung produk kacang tanah dari petani. Varietas lokal yang beredar inilah yang diminati 2 perusahaan pengolahan kacang yang memproduksi makanan ringan kacang.

kegiatan ini merupakan upaya Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 16 TK untuk menggairahkan produksi kacang tanah sebagai pangan lokal yang memiliki nilai ekonomi strategis dalam meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat pedesaan dan juga perekonomian nasional dengan mengangkatnya menembus pasar ekspor. “Sesuai dengan arahan Bapak Pangdam XII TPR”

Lebih lanjut Dansatgas menambahkan guna memperkuat pertumbuhan ekonomi makro Satgas mendukung upaya diversifikasi pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan pangan, meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dan menjadikan kacang tanah sebagai komoditas andalan ekspor.@Khairul/Yonarmed 16/Tk