POLRI

Kapolres Bangli Hadiri Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

×

Kapolres Bangli Hadiri Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

Share this article

BANGLI – Polres Bangli, Bertempat di Alun-alun Kota Bangli, Kapolres Bangli Akbp I Dewa Aging Roy Marantika, sh., S.I.K menghadir kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila. Sebagai Inspektur Upacara Bupati Bangli SANG NYOMAN SEDANA ARTA, S.E. (1 Juni 2023)

Perwira Upacara Pasi Logdim 1626/Bangli Kapten Chb I NENGAH SULENDRA, Komandan Upacara Pasi Inteldim 1626/Bangli Lettu Inf I KETUT JUNIARTA, Pembaca UUD 1945 : Kadisdikpora Kab. Bangli KOMANG PARIARTA dan Pengibar Bendera Merah Putih Paskibraka Indonesia Kab. Bangli

susunan pasukan upacara Satsik Pemda Kabupaten Bangli dengan Pasukan Upacara Kompi I TNI/Polri/Dishub/Pol PP, Kompi Il ASN Pemda Bangli, Kompi Ill ASN Pemda Bangli, Kompi IV Pelajar SMA, Kompi V Pelajar SMP, Kompi VI ASN Pemda Bangli, Kompi VII ASN Pemda Bangli
dan Kompi VIIl ASN Pemda Bangli

Hadir Inapektur upacara Bupati Bangli SANG NYOMAN SEDANA ARTHA dwngan Forkopimda Wakil Bupati Bangli I WAYAN DIAR, SST., Par,Wakil Ketua II DPRD Kab. Bangli I KOMANG CARLES, S.E,Dandim 1626 Bangli LETKOL Arh SUTRISNO, S.Sos.
5. Kapolres Bangli AKBP I DEWA AGUNG ROY MARANTIKA, S.H., S.I.K, Ketua Pengadilan ANAK AGUNG AYU DIAH INDRAWATI, S.H., M.H, Kejari diwakili oleh Kasi Intel Kejari Bangli I NENGAH GUNARTA, S.H, Para Kepala OPD di Link. Kab. Bangli, Tokoh Agama, Para ASN Kab. Bangli dan Peserta apel dari Pelajar SMP dan SMA/SMK Kab. Bangli yang keseluruhannya berjumlah ± 800 orang

Amanat Presiden Indonesia Joko Widodo yang dibacakan Bupati Bangli bahwa
Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius Bangsa Indonesia. Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, diharapkan masyarakat dapat mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara karena Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang. Kedepan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh indonesia, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di asia pasifik, dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Tahun depan akan beralangsung pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, oleh sebab itu mengajak masyarakat sebangsa Indonesia untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. Setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai pancasila sebagaimana yang dikatakan BUNG KARNO bahwa nilai-nilai pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya.

Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah bersama-sama untuk bergotong royong dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global.
Mari gelorakan terus semangat pancasila dari sabang sampai merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote dan terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.

Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai panbcasila dalam kehidupan keseharian, semoga melalui peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun- tahun yang akan datang.

selanjutnya kegiatan diakhiri secara resmi membuka Bulan Bungkarno dengan tema Mahajana Segara Kerthi pemulihan laut pendalaman ajaran Bungkarno.