Nasional

Erlina Zebua Ditahan Kejari Nisel, Polres Nisel Ajukan Restorative Justice

×

Erlina Zebua Ditahan Kejari Nisel, Polres Nisel Ajukan Restorative Justice

Share this article

NIAS SELATAN – Polres Nias Selatan mengajukan Restorative Justice (RJ) atas penahanan yg dilakukan oleh Kejari Nias Selatan terhadap perkara Erlina Zebua alias Ina Ayu.

Kasat Reskrim Polres Nias Selatan AKP Freddy Siagian, S.H kepada Media Polri mengatakan bahwa penanganan perkara Erlina Zebua yang ditangani oleh Polres Nias Selatan telah dinyatakan lengkap (P-21) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sehingga berkas perkara dan tersangka dilimpahkan ke Kejari Nias Selatan, Sabtu (20/05/23).

banner 325x300

“Polres Nias Selatan tidak melakukan penahanan dalam perkara ini, terhadap Erlina Zebua namun setelah dilimpahkan ke Kejari Nias Selatan, tersangka dilakukan penahanan oleh JPU,” ungkap Freddy.

Dijelaskan, sebelum melimpahkan berkas perkara ke JPU, Polres Nias Selatan sudah 4 (empat) kali melakukan proses mediasi antara korban dan terlapor, namun belum mencapai kesepakatan.

“Tidak ada rekayasa kasus terhadap penanganan laporan polisi terhadap Erlina Zebua alias Ina Ayu, saat ini juga Polres Nias Selatan sedang memproses laporan polisi tentang penyerobotan tanah yang dilaporkan oleh Sdri. Erlina Zebua namun kendalanya adalah pengukuran ulang objek tanah yang menjadi sengketa, belum dilaksanakan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kab. Nias Selatan, sementara penyidik Sat Reskrim Polres Nias Selatan telah mengirimkan surat (sampai 3 (tiga) kali) dan berkordinasi dengan pihak BPN Kab. Nias Selatan,” ungkapnya.

Dikatakan Paralel dengan giat penyidikan perkara, Polres Nias Selatan juga melakukan giat “Trauma Healing” dengan mengunjungi anak-anak ERLINA ZEBUA yang dilaksanakan oleh Kasat Binmas, Kapolsek Teluk Dalam, Kanit PPA dan Bhabinkamtibmas di kediaman Ina Leo.

“Polres Nias Selatan juga mengajukan Restorative Justice_ (RJ) atas penahanan yg dilakukan oleh Kejari Nias Selatan terhadap Sdri. ERLINA ZEBUA alias INA AYU,” tutup Kasat Reskrim.@Beni