Nasional

Wujudkan Solidaritas Di Kawasan, Militer Negara Anggota ASEAN Sepakat Latihan Di Natuna

×

Wujudkan Solidaritas Di Kawasan, Militer Negara Anggota ASEAN Sepakat Latihan Di Natuna

Share this article

BATAM – Menjelang dilaksanakan Latihan Gabungan Bersama dengan Negara ASEAN, yang diberi nama ASEX 01-Natuna (Asean Solidarity Exercise) 2023, rombongan dari Markas Besar (Mabes) TNI dan Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) melaksanakan tinjau medan di Natuna dan Batam, mulai Kamis 10 sampai dengan Sabtu 12 Agustus 2023.

Sebelum kegiatan Tinjau Medan, diawali dengan rapat dipimpin olah Asisten Operasi (Asops) Kogabwilhan I Laksma TNI. Bambang Dharmawan S.E., M.Sc., bertempat di Lantamal IV, Batam, Jum’at (11/08/2023).

Dalam rapat, Asops Pangkogabwilhan I Laksma TNI Bambang Dharmawan memaparkan, bahwa pihaknya akan melakukan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan ASEX 01-Natuna mulai dari tahap perencanaan hingga pengakhiran.

Dari kegiatan rapat tersebut, pihaknya berharap akan menghasilkan kesepakatan bersama dari masing-masing Delegasi terkait penyusunan skenario latihan. Termasuk pelibatan Alutsista, pengawak beserta asetnya dan finalisasi jadwal serta tempat latihan.

Usai rapat digelar, rombongan Batam meluncur ke sejumlah tempat yang akan dijadikan tempat kegiatan, seperti Hotel Radisson sebagai tempat para Pejabat VVIP (Very Very Importan Personal) Tamu Negara, dan Dermaga Batu Ampar- Batam sebagai tempat akan dilaksanakan acara Pembukaan Latgabma ASEX 01 – Natuna nanti.

Sementara, di Natuna tempat yang menjadi pusat kegiatan seperti Selat Lampa dan Pulau Sabang Mawang sebagai titik lokasi di wilayah perairan Natuna Selatan yang masuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Perlu diketahui bersama, dipilihnya Natuna dan Batam sebagai tempat latihan adalah gagasan yang pernah disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono beberapa waktu yang lalu, pada saat Konferensi Pers di hadapan awak media.

Ketika itu, Panglima TNI menjelaskan, bahwa Latgabma Asex 01 – Natuna bukan merupakan latihan militer bersenjata melainkan latihan yang menitikberatkan pada latihan non tempur seperti Operasi Patroli Gabungan Maritim, Evakuasi Medis, Search and Rescue (SAR) serta Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR) atau pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di wilayah yang disimulasikan terdampak bencana.

Menurut rencana, Latma ASEX 01-Natuna akan dihadiri oleh seluruh Panglima Angkatan Bersenjata Negara anggota ASEAN. Kegitan ini akan berlangsung pada tanggal 18 hingga 25 September 2023 mendatang.

Sehingga tempat-tempat yang akan dijadikan Latma telah dilakukan survei, secara cermat dengan pertimbangan-pertimbangan taktis, agar dapat berjalan optimal demi kehormatan Bangsa dan Negara di mata dunia Internasional.

@Red