Nasional

Woow…Keren ! Padang Pariaman Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Nasional Tahun 2024

0
×

Woow…Keren ! Padang Pariaman Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Nasional Tahun 2024

Share this article

Paritmalintang, – Pasca ditunjuknya Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Deputi Pencegahan BNPB Prasinta Dewi bersama dengan Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo sambangi Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi oleh Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis bertempat di ruang kerjanya, Kantor Bupati Padang Pariaman di Kawasan IKK Paritmalintang pada Jum’at, (16/02).

banner 325x300

 

Diketahui, Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) bertujuan untuk membudayakan latihan kebencanaan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Ditunjuknya Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah dalam event nasional tersebut menunjukkan telah matangnya kesiapsiagaan Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, mengingat letak geografis Kabupaten Padang Pariaman berada di titik rawan bencana.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya menyatakan kesiapannya untuk turut menyukseskan even Hari Kesiapsiagaan Nasional (HKB) yang direncanakan akan digelar pada 26 April 2024 mendatang di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat yang beralamat di Katapiang dan berbatasan langsung dengan pesisir pantai tersebut.

“Kami di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman serta masyarakat siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan HKB di Kabupaten Padang Pariaman,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Deputi Pencegahan BNPB Prasinta Dewi mengungkapkan, penyelenggaraan HKB merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Penyelenggaraan HKB di Kabupaten Padang Pariaman semoga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana,” tuturnya.

 

Adapun rangkaian kegiatan yang akan digelar melalui HKB tersebut adalah Apel akbar HKB, simulasi evakuasi bencana, pameran peralatan kebencanaan, workshop dan seminar kebencanaan, dan partunjukan kesenian tradisional. Selain itu juga akan diadakan sarasehan di Gubernuran Sumatera Barat.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat Fajar Sukma. Juga nampak hadir Kepala BPBD Padang Pariaman Budi Mulya didampingi Sekretaris BPBD Edison dan Kabid Pencegahan Zulfikar, Asisten II Zainil, Kepala DPMD Hendri Satria, Kabag Prokopim Armedes, serta Kabid IKP Diskominfo Heri Sugianto.

@Kominfo

Incoming search terms:

  • https://mediapolri id/woow-keren-padang-pariaman-jadi-tuan-rumah-peringatan-hari-kesiapsiagaan-bencana-tingkat-nasional-tahun-2024 html