Nasional

Waspada Cuaca Ekstrem, Polda Lampung Ajak Masyarakat Siaga Bencana

×

Waspada Cuaca Ekstrem, Polda Lampung Ajak Masyarakat Siaga Bencana

Share this article

LAMPUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Lampung mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang belakangan ini terjadi di wilayah Provinsi Lampung.

Kondisi cuaca yang ekstrem, yang meliputi hujan deras dan angin kencang, telah memicu terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa daerah.

Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, menyampaikan peringatan ini dan mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan segala kemungkinan yang terjadi.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Lampung untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat hujan deras yang bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Kita harus siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,” ujarnya Kapolda saat dihubungi pada Minggu (26/5/2024).

Untuk membantu masyarakat tetap waspada, Polda Lampung mengingatkan pentingnya memantau perkembangan cuaca secara berkala.

“Masyarakat bisa memanfaatkan berbagai sumber informasi terpercaya seperti website resmi BMKG atau media sosial yang memberikan informasi terkini tentang kondisi cuaca,” tambahnya.

Kapolda Lampung juga memastikan bahwa pihaknya akan terus bekerjasama dengan instansi terkait dalam menghadapi bencana alam ini.

“Kami selalu berkoordinasi dengan Basarnas dan BPBD untuk memberikan bantuan yang cepat dan tepat kepada masyarakat yang terdampak bencana. Kepolisian siap turun ke lapangan kapan saja dibutuhkan,” tegas Helmy.

Selain itu, Helmy juga mengimbau agar masyarakat selalu mempersiapkan diri dengan baik.

“Kami sarankan agar warga selalu mempersiapkan barang-barang penting seperti dokumen dan obat-obatan di tempat yang mudah dijangkau. Jika ada tanda-tanda bencana, segera evakuasi ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Bencana alam memang tidak bisa diprediksi dengan pasti, namun kesiapsiagaan adalah kunci untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

“Keselamatan adalah prioritas utama. Mari kita saling membantu dan bergotong royong menghadapi situasi ini bersama-sama,” tutup Irjen Pol Helmy Santika.

Dengan imbauan ini, diharapkan masyarakat Lampung bisa lebih waspada dan siap menghadapi berbagai kemungkinan bencana alam yang mungkin terjadi.

Kepolisian bersama instansi terkait akan selalu siap sedia memberikan bantuan dan memastikan keselamatan warga.@red