oleh

Warga RT 006/004 Bojong Menteng Giat Ronda Rutin

BEKASI, mediapolri.id – Ronda atau jaga atau kemit atau istilah lainnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dimana ia bertempat tinggal untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya pada siang hari dan atau malam hari dengan waktu tertentu.

Kegiatan ronda adalah salah satu pelaksanaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Siskamling ini dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga, dengan berasaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong, dan swakarsa. Teknis kegiatan tersebut (termasuk jadwal, cara melakukan ronda, dan lain-lain) diserahkan dan ditentukan secara musyawarah mufakat oleh masyarakat pada masing-masing wilayah di setiap daerah.

Hal itulah yang dilakukan warga di RT 006/004 Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Kamis (22/4/2021) malam. Warga yang mengikuti ronda pun dari berbagai kalangan, baik muda dan tua demi terciptanya lingkungan aman dan nyaman.

IMG 20210423 WA0004Ketua RT 006/004 Agus Pramono melalui Bendahara Bambang ketika ditemui wartawan mengatakan, kegiatan ronda ini dilakukan demi terciptanya lingkungan yang aman dan aman bagi warga. Selain itu, kegiatan ronda dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar-warga. “Semoga kegiatan ini selalu menjadi agenda rutin bagi warga di wilayah RT 006/004,” ungkap Bambang.

Ketua RT 006/004 Agus Pramono juga menambahkan bahwa warga yang tinggal di wilayah RT 006/004 dari berbagai suku. Selain itu, selalu berpesan agar tetap waspada dan menaati aturan Physical Distancing dan Social Distancing.” Setiap rumah diminta mengawasi sendiri keadaan sekitarnya. Apabila ada yang mencurigakan, untuk segera melaporkan,” harapnya. (Red)

Komentar

News Feed