Nasional

Wakapolres Karangasem Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

×

Wakapolres Karangasem Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Share this article

KARANGASEM – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Wakapolres Karangasem Kompol Ruli Agus Susanto, S.H., M.H. bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera di Lapangan Pesat Gatra Polres Karangasem pada hari Sabtu (1/6). Kegiatan ini diikuti oleh para Kapolsek Jajaran Polres Karangasem, Perwira, Bintara, dan ASN Polres Karangasem.

Dalam amanatnya, Wakapolres Karangasem membacakan amanat Kepala Badan Pengarah Ideologi Pancasila (BPIP) yang menekankan bahwa Pancasila menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur seperti inklusivisme, toleransi, dan gotong royong.

Wakapolres Karangasem mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah. Di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global yang terjadi. Keberhasilan tersebut merupakan hasil gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Wakapolres Karangasem mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Beliau berharap peringatan ini dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.@red