oleh

Wakapolres Jembrana Hadiri Sosialisasi Perkap No.1 Tahun 2009 

JEMBRANA, Mediapolri – Wakapolres Jembrana Kompol Ida Bagus Dedy Januartha, SH. M.H, Menghadiri Sosialisasi Perkap No. 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian bertempat di masing – masing Polsek Jajaran Polres Jembrana.

Adapun Giat di mulai dari Polsek Pekutatan berlanjut, Mendoyo, Negara, Melaya dan terakhir di Polsek Kawasan Gilimanuk Bali “terangnya.

Hadir Dalam Giat tersebut Wakapolres Jembrana, Ida Bagus Dedy Januartha, S.H. M.H, Kasat Sabhara, Kasubag Humas, Kanit Sabhara Polres Jembrana dan Team.

Wakapolres Jembrana Kompol Ida Bagus Dedy Januartha, S.H. M.H, di dampingi Kasat Sabhara memimpin giat sosialisasi Peraturan Kapolri ( Perkap ) No. 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian harus memenuhi tiga asas.

Pertama legalitas yang berarti bahwa setiap tindakan Kepolisian harus sesuai dengam hukum yang berlaku, asas nesesitas yang berarti penggunaan Kekuatan dapat dilakukan bila sangat di perlukan sesuai situasi yang di hadapi, Asas proporsional yang berarti bahwa penggunaan Kekuatan harus seimbang dengan ancaman yang di hadapi.

Dimana Tindakan Kepolisian ada enam tahapan yaitu tahap pertama pencegahan, tahap Kedua perintah lisan, tahap tiga kendali tangan kosong, tahap empat kendali tangan kosong kertas, tahap Lima kendali senjata tumpul, tahap ke enam kendali dengan senjata api.

Apabila sudah membahayakan diri anggota atau masyarakat, jika anggota sudah melaksanakan Perkap dengan benar dan sesuai SOP yang berlaku niscaya tugas yang Kita laksanakan tidak akan menimbulkan masalah “Pungkasnya.

Dalam giat sosialisasi Peraturan Kapolri No. 1 Tahun 2009 yang di hadiri oleh Kapolsek dan seluruh anggota Polsek masing – masing Jajaran, dan Giat berakhir pukul 15.30 wita, berlangsung dengan aman, tertib dan kondusif ,”Pungkasnya@andre.

Komentar

News Feed