oleh

Wakapolda Banten Buka Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021 Tingkat Polda Banten

Serang, – Wakapolda Banten BJP Drs. Ery Nursatari membuka pelaksanaan Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021 tingkat Polda Banten yang dilaksanakan di Polda Banten, Sabtu (30/10).

Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pengaplikasian gambar mural di dinding yang sudah disediakan didua tempat yakni depan kantin dan Lapangan Sepak Bola untuk 15 tim yang sudah terpilih.

Dalam sambutannya Wakapolda mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan peserta Bhayangkara Mural Festival.

“Bhayangkara Mural Festival diikuti seluruh Polda, dari Polda Banten diikuti 29 peserta, setelah dilaksanakan seleksi, terpilih 15 peserta terbaik dan satu perwakilan terpilih sebagai peserta seleksi lomba tingkat nasional. Kita doakan semoga bisa berhasil dan membawa nama baik Provinsi Banten,” ujar Wakapolda.

Selanjutnya Wakapolda membacakan sambutan dari Kapolda Banten.

“Saya mengucapkan selamat datang di Polda Banten kepada para peserta lomba mural. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa awal mula sejarah seni mural yang ada di Indonesia yaitu terjadi pada masa perang dunia kedua, hampir seluruh kebebasan untuk mengutarakan pendapat dikunci secara rapat oleh penjajah, masyarakat hanya boleh mendapatkan berita yang berisikan propaganda dan selalu menggambarkan sisi baik dari para penjajah. Kemudian pemuda Indonesia merasa kebebasan pendapatnya direbut secara paksa membuat sebuah pemberontakan dengan metode mural yang memberikan semangat dan mengusir penjajah. Sejak saat itu mural dianggap sebagai salah satu cara untuk mengkritik pemerintah yang disalurkan melalui seni lukis pada dinding,”ujar Ery membacakan sambutan Kapolda.

“Namun sejak tahun 1998 keluar undang-undang nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum. Oleh karena itu efek dari sebuah karya seni yang diaktualisasikan tidak boleh menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban umum, karya seni yang beretika harus menjadi kenikmatan bagi banyak orang bukan sebaliknya,” tambah Ery.

Terakhir dalam sambutan Kapolda yang di bacakan Wakapolda mengatakan selamat berlomba kepada seluruh peserta festival.

“Kepada seluruh peserta festival saya ucapkan selamat berlomba, semoga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar, selanjutnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri tahun 2021 tingkat Polda Banten secara resmi saya nyatakan dibuka,” tutup Wakapolda. (Bidhumas)

Komentar

News Feed