Nasional

TNI dan RTARF Tingkatkan Operabilitas Kesehatan Militer Kedua Negara

4
×

TNI dan RTARF Tingkatkan Operabilitas Kesehatan Militer Kedua Negara

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – TNI dan Royal Thai Armed Force (RTARF) sepakat untuk meningkatkan operabilitas kesehatan militer kedua negara.

Pertemuan ini merupakan kerja sama bilateral antara Puskes TNI dengan Military Medicine Coordination Center of RTARF HQ sejak tahun 2015, dengan maksud untuk menjaga persaudaraan serta terciptanya perdamaian antar Negara Asean khususnya antara Indonesia dan Thailand.

Kegiatan Thainesia Military Medicine Meeting kali ini, mengusung tema “By The Spirit Of The 7TH Thainesia MM Bilateral Meeting We Commit To Enhance Inter Operabilities And Cooperation Pacing Post Pandemic Covid-19 Challenges”.

Dalam kesempatan ini, Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI. dr. Guntoro memimpin Delegasi Indonesia sekaligus membuka acara 7TH Thainesia Military Medicine Meeting Tahun 2023 antara TNI dan Royal Thai Armed Force (RTARF), bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (23/05/2023).

Delegasi Indonesia yang dipimpin Kapuskes TNI, sementara itu Delegasi Thailand dipimpin Major General Supakit Khambanonda, MD. melakukan pertemuan bilateral membahas kerja sama kesehatan militer kedua negara dalam suasana yang bersahabat.

Dalam sambutannya, Kapuskes TNI mengatakan, bahwa tujuan diselenggarakan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas, interoperabilitas serta kesiapsiagaan kedua negara di kawasan Asia Tenggara di bidang kesehatan militer khususnya yang berhubungan dengan Humanitarian Assistance and Disaster Release (HADR) serta Joint Peacekeeping Operation (PKO).

Usai melaksanakan HoD bilateral meeting, diakhiri dengan acara penandatangaan hasil rapat pertemuan 7TH Thainesia Military Medicine, pertukaran cinderamata dan ramah tamah.

Dari pertemuan kedua belah pihak, didapatkan kesepakatan bersama dalam meningkatkan koordinasi bidang kesehatan, meningkatkan kerja sama dalam The International Committee on Military Medicine (ICMM) terkait partnership, interoperabilitas dan sharing pengetahuan kesehatan militer di Asean, Asia Pasifik dan Dunia.

Agenda pertemuan 7TH Thainesia Military Medicine berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 25 Mei 2023, di Jakarta dan Bandung, untuk tahun depan dilaksanakan di Bangkok Thailand.

Bilateral meeting dihadiri oleh para Delegasi Royal Thai Armed Force (RTARF) sedangkan dari TNI dihadiri oleh Kapuskes TNI, Wakapuskes TNI, Kadiskesau, Kadiskesal, Kapuskesad, Kalakespra. Kapuskes TNI beserta delegasi melaksanakan kunjungan ke fasilitas kesehatan di Jakarta dan Bandung serta pertukaran informasi terkait Medical di masing-masing negara.

@Red