oleh

Tingkatkan Kompetensi Personel, Rumkit Bhayangkara Gelar Pelatihan PPGD dan Evakuasi Korban

KALTENG – Rumkit Bhayangkara Palangka Raya Guna meningkatkan kemampuan personel, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya menggelar pelatihan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) dan Evakuasi Korban Menggunakan Brankar Ambulance bertempat di Halaman Paviliun Presisi RS. Bhayangkara Jalan H. Ikap No. 03, Kota Palangka Raya, Kamis (13/1/2022) Pagi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Urusan Pendidikan dan Penelitian (Ur Diklit) Subbagbinfung Rumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya tersebut, menggandeng dua narasumber internal, yakni Ipda dr. William Bahagia dan Aipda Datu Bernad, Amd.Kep., dengan diikuti 30 orang personel.

Kepala Urusan Pendidikan dan Penelitian (Kaur Diklit) Rumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Penda Rusmawati, S.Sos., menuturkan, pelatihan PPGD yang digelar setelah pelaksanaan apel pagi ini bertujuan meningkatkan kesigapan personel Rumkit Bhayangkara Palangka Raya saat berdinas di lapangan.

“Pelatihan ini, tidak hanya dilakukan secara teoritis, tetapi juga dilengkapi praktik. Tujuannya untuk lebih memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada personel Rumkit Bhayangkara Palangka Raya pada saat bertugas ketika terjadi keadaan darurat yang menimpa warga masyarakat tepat di lokasi kejadian,” katanya

Lebih lanjut, Kaur Diklit juga menambahkan selain pertolongan pertama, Evakuasi Korban pada Kasus Gawat Darurat juga perlu diperhatikan guna bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, mencegah cacat, membantu penyembuhan dan memindahkan korban dari tempat yang berbahaya ke tempat yang lebih aman dan memiliki fasilitas yang cukup untuk menolong korban.

“Pada saat terjadi keadaan darurat, mengevakuasi korban bukanlah hal yang mudah, perlu beberapa tata cara dan sikap yang harus diambil dalam proses evakuasi,” tutup Rusma.@ Herry.f

Komentar

News Feed