Nasional

Tingkatkan Kemampuan, Sat Samapta Polres Bojonegoro Gelar Latihan Dalmas

×

Tingkatkan Kemampuan, Sat Samapta Polres Bojonegoro Gelar Latihan Dalmas

Share this article

BOJONEGORO – Guna meningkatkan kemampuan personel dan kesiap siagaan dalam menangani gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Bojonegoro menggelar program rutin pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian massa (Dalmas) bertempat dihalaman kantor Sat Samapta Polres Bojonegoro, Rabu(24/5/2023).

Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK melalui Kasat Samapta, AKP Harjo mengatakan kegiatan peningkatan kemampuan dalmas diikuti seluruh anggota Sat Samapta Polres Bojonegoro dan para Kanit Samapta Polsek jajaran.

Peningkatan kemampuan pengendalian massa adalah hal yang wajib dilaksanakan seluruh personel Sat Samapta, dikarenakan Sat Samapta merupakan garda terdepan dalam menangani eskalasi unjuk rasa atau kegiatan yang menghadirkan massa besar sehingga para personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan dalmas.

“Pelatihan dalmas ini sebagai bentuk kesiap siagaan apabila terjadi unjuk rasa yang mana eskalasi nya dapat meningkat menjadi anarkis massa, maka sebagai personel Polri harus siap dengan segala kemungkinan, untuk itu saya tekankan kepada seluruh personel Sat Sampata untuk serius dalam mengikuti pelatihan ini,” ucap Kasat, AKP Harjo kepada awak media ini di Mapolres Bojonegoro.

Pantuan dari awak media ini dilokasi, puluhan personel gabungan Sat Samapta Polres Bojonegoro dan Polsek jajaran melakukan latihan teknik pengendalian massa dengan peralatan tameng dan pengurai massa(Raimas).

Lanjut AKP Harjo, dengan latihan tersebut sekaligus untuk merefresh agar personel Sat Samapta agar semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan dan memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa dan kemungkinan terburuk.

“Semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan, ketertiban agar wilayah hukum Polres Bojonegoro tetap kondusif dan terpelihara. Apalagi saat ini tahapan Pemilu Legislatif sudah berjalan,” tutup Harjo. (Wafa/ResBjn)