Nasional

Tim Relawan SAR ARNAVAT Dapat Pelatihan Penyelamatan dan Pertolongan dari Ditpolairud Polda Jateng

0
×

Tim Relawan SAR ARNAVAT Dapat Pelatihan Penyelamatan dan Pertolongan dari Ditpolairud Polda Jateng

Share this article

SEMARANG – Ditpolairud Polda Jateng menyiagakan tim SAR dan relawan SAR Arnavat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi laka air dan laut di wilayah perairan Jawa Tengah dalam menghadapi masa libur hari raya Idul Fitri 2024.

Dalam kesempatan itu, bertempat di pantai Widuri Pemalang, Selasa (5/3/2024) relawan SAR Arnavat mendapat pembekalan pelatihan dasar teknis penyelamatan dan pertolongan dari Ditpolairud Polda Jateng.

banner 325x300

Kegiatan tersebut dihadiri, Kapolres Pemalang, Komandan POSMAT Al Tanjungsari Kab. Pemalang, Kepala Pelaksana BPBD Kab Pemalang, Pejabat Utama Polres Pemalang, Kasatpolairud Polres Kendal, Batang, Pekalongan Kota, Tegal, Tegal Kota, Brebes. Juga dihadiri Para Perwira, Bintara, Tamtama. Serta SAR Arnavat.

Masing masing Kabupaten/Kota mengirimkan untuk peserta kegiatan 60 personel, seperti Kabupaten Brebes, Tegal Kota, Tegal Kab, Pemalang, Pekalongan kota, Batang dan Kendal.

Menurutnya, kegiatan teraebut perlu diadakan karena sering terjadinya Laka Laut/Air di perairan Jawa Tengah yang mengakibatkan korban jiwa atau Materil.

“Maka kiranya diperlukan kemitraan dengan masyarakat pesisir / perairan guna perbantuan pertolongan yang lebih Efektif dan Efesien,” terang Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi.

Ia mengatakan, keberadaan relawan SAR Arnavat ini terus kita bina dan kembangkan dengan memperkuat struktur organisasi dan kepengurusannya di Satpolairud Polres/Ta jajaran.

Dirpolairud Polda Jateng juga menyampaikan terimakasih kepada Kasatpolairud Polres Pemalang yang telah terbentuk susunan kepengurusan, serta telah membuat AD/ART tim relawan SAR ARNAVAT untuk mendapatkan legalisasi. Sehingga diharapkan keberadaannya semakin berkembang serta diakui sebagai mitra Polri dan selangkah lebih maju dengan potensi SAR lainnya.

“Tentunya harapan saya kedepan Satpolairud Polres jajaran yang belum terbentuk kepengurusan segera melaksanakannya,” terangnya.

Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol. Hariadi menyampaikan, melalui Apel Siaga ini diharapkan bisa terwujud adanya kesamaan persepsi dan cara bertindak dalam kegiatan SAR penanganan bencana, sehingga akan dapat memperkecil kerugian jiwa maupun kerugian materiil.

“Para peserta Apel yang saya banggakan,
Pada kesempatan ini ada beberapa hal yang menjadi penekanan saya dalam rangka antisipasi Laka Laut-Air guna penyelamatan dan pertolongan di lokasi obyek wisata perairan, menghadapi masa Libur hari Raya Idul Fitri  Tahun 2024  diwilayah perairan  Jawa Tengah:

1. Siagakan kesiapan personel baik tim SAR dan relawan SAR ”ARNAVAT”  dalam menghadapi libur hari Raya Idul Fitri, guna mengantisipasi:

a) Adanya peningkatan pengunjung wisata bahari/air diwilayah jajaran, rawan terjadinya Laka Laut/Air.

b) Banyaknya Kapal – Kapal perikanan yang sandar di dermaga pelabuhan perikanan, rawan menimbulkan  kebakaran kapal.

c) Peningkatan kegiatan masyarakat di laut yaitu tradisi sedekah laut dengan melarung sesaji ke tengah laut dengan berkonvoi menggunakan banyak perahu akan menimbulkan kerawanan Laka Air / Laut.

2. Inventarisir dan siapkan peralatan SAR yang akan digunakan untuk kegiatan SAR;

3. Tingkatkan Ketrampilan dan kemampuan SAR kepada relawan SAR ARNAVAT yang kita miliki, tetap jaga sinergitas dengan instansi terkait dan potensi sar yang ada;

4. Pegang teguh Ikrar tim SAR dan  relawan SAR ARNAVAT dalam menjalankan misi kemanusiaan tanpa pahrih, Sepenuh hati, Sepenuh jiwa demi kemanusiaan;

5. Landasi kegiatan SAR dengan hati yang ikhlas untuk menolong sesama, Insya allah akan bisa menjadi ladang amal bagi kita;

“Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada kita semua dalam mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa,” pungkasnya.

Vio Sari