oleh

Tim Gabungan TNI-Polri Tembak Mati Pimpinan KKB Kalikopi

Papua, MEDIAPOLRI – Tim gabungan TNI-Polri dalam Operasi Nemangkawi menembak mati pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kalikopi, yakni Hengki Wanmang (HW) alias Hengky Uangmang, 31. Tim lebih dulu melakukan penggerebekan pada Minggu, 16 Agustus 2020, pukul 05.00 hingga 14.00 WIT.

“HW masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 2018. HW sebagai wainemu atau panglima perang yang memimpin melawan aparat dan negara, melakukan kekerasan kepada perusahaan dan lain sebagainya. Aktor yang melakukan pengancaman,” kata Kapolda Papua, Irjen Pauluw Waterpauw, Senin, 17 Agustus 2020.

Dia menerangkan, kematian Hengky Uangmang dipastikan berdasarkan pencocokan atribut, hasil identifikasi profil Hengky Wanmang dan pencocokan keterangan tersangka yang telah ditangkap sebelumnya. Yakni dengan menunjukan foto Hengki Wanmang.

Jenderal bintang dua itu menuturkan peran Hengki, sebagai pimpinan KKB Kalikopi. Dia mengungkap, Hengky bersama Joni Botak mengambil peran sebagai pimpinan KKB sebelum ada pengganti panglima baru, pada 2018.

“Hengky Wanmang merupakan orang yang mengajak beberapa KKB Pegunungan Tengah untuk masuk ke Tembagapura guna melakukan aksi gangguan di areal PT Freeport Indonesia,” jelasnya.@mi

Komentar

News Feed