Nasional

Tim Gabungan SAR Dit Sabhara Polda Bali Berhasil Evakuasi WNI Meninggal Dunia di Puncak Gunung Agung 

×

Tim Gabungan SAR Dit Sabhara Polda Bali Berhasil Evakuasi WNI Meninggal Dunia di Puncak Gunung Agung 

Share this article

DENPASAR – Tim gabungan dari SAR Dit Sabhara Polda Bali, Basarnas, Brimob Polda Bali, dan pemandu lokal berhasil mengevakuasi seorang WNI yang meninggal dunia di puncak Gunung Agung pada hari Kamis (14/3).

Korban yang diketahui bernama Alexander Bimo Haryotejo, S.H., ditemukan pada hari Rabu (13/3) di ketinggian 2.833 Mdpl.

banner 325x300

Pencarian dilakukan dengan intensitas tinggi oleh dua tim pada hari yang sama. Tim pertama menemukan tempat kejadian pada pukul 11.12 wita, di ketinggian 2.833 meter di atas permukaan laut. Korban, yang teridentifikasi sebagai Alexander Bimo Haryotejo, seorang warga negara Indonesia dari Yogyakarta, ditemukan bersama dengan KTP-nya.

Proses evakuasi dilanjutkan oleh tim keempat yang terdiri dari 24 anggota pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Mereka tiba di pos 1 pada ketinggian 1400 Mdpl pada pukul 04.00 wita, dan berhasil membawa jenazah korban turun ke area pengubengan di Besakih pada pukul 07.00 wita. Jenazah kemudian dibawa ke rumah sakit umum Karangasem.

Proses evakuasi selesai pada pukul 07.30 wita, diikuti dengan apel konsolidasi oleh Kapolsek Rendang, Kompol Made Suadnyana, S.Sos. Upaya ini menunjukkan kerjasama yang kuat antara berbagai pihak dalam menghadapi situasi darurat..

Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta, S.H., S.I.K., M.K.P., membenarkan bahwa telah mengevakuasi korban hingga dibawa ke Rumah Sakit.

Tidak ada yang mengetahui kapan korban memulai pendakian di Gunung Agung, karena sudah ada larangan untuk melakukan pendakian dari pemerintah setempat. Larangan tersebut berkenaan adanya upacara keagamanan “Ida Batara Turun Kabeh”, tegas Kapolres.

Melalui kesempatan ini Kapolres Karangasem menghimbau kepada para pendaki Gunung agar selalu mengikuti aturan pendakian dan selalu berkoordinasi dengan petugas setempat demi keselamatan bersama.@red