Nasional

Tertib Administrasi,Tim Monev Kecamatan Teramang Jaya, Laksanakan Evaluasi di Desa Nelan Indah

1
×

Tertib Administrasi,Tim Monev Kecamatan Teramang Jaya, Laksanakan Evaluasi di Desa Nelan Indah

Sebarkan artikel ini

MUKOMUKO – Dalam rangka tertib Administrasi Pemerintahan Desa dan penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024, maka Tim Monitoring Pelaksanaan Pemerintahan dan Dana Desa Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, kembali melaksanakan monitoring dan evaluasi di Desa Nelan Indah, Selasa (21/05/2024).

Acara berlangsung dan bertempat di Kantor Desa Nelan Indah, Desmita Marleni, selaku Sekretaris Camat Teramang Jaya membuka acara monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan administrasi dan pembangunan Desa tahun anggaran 2024.

“Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Teramang Jaya yakni, Kasi Ekobang, Nurfizin, Kades Desa Nelan Indah, Hendi Kusrianto, Ketua BPD M. Tahmid R, Tim Pendamping Lokal Desa, juga beberapa Staff dan Perangkat Desa Nelan Indah.

“Pada kesempatanya Tim Monitoring menurut bagian masing-masing menunjukkan lokasi pembangunan fisik Desa Nelan Indah untuk dievaluasi dan dicek serta Evaluasi dan Pembinaan.

“Kegiatan Pemeriksaan Pembangunan Fisik dan monitoring ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada Aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Desa, juga evaluasi serta pelaporannya,” ucap Sekcam Desmita Marleni.

“Desmita Marleni juga menyarankan untuk segera melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap, baik Administrasi maupun fisik agar nantinya siap ketika menghadapi pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Mukomuko, jikalau ada temuan nantinya,” jelasnya.

Dilanjutkan, menurut keterangan Kades Nelan Indah, Hendi Kusrianto menyampaikan, “Monitoring dan evaluasi oleh Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap Pemerintah Desa Nelan Indah, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini memang sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Desa Nelan Indah sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja untuk selanjutnya,” ungkapnya.

“Kami dari Pemdes Desa Nelan Indah berharap pada kegiatan monev kali ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah Administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yant ada di Desa Nelan Indah,”terangnya.

Menurut Kades Hendi, Secara keseluruhan Administrasi Desa dan pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Nelan Indah sudah berjalan baik, hanya saja mungkin kami perlu masukan dan koordinasi lebih lanjut lagi, agar pengerjaan Administrasi kegiatan Pemerintahan Desa Nelan Indah lebih terarah, dan teratur sesuai keinginan,” tutur Kades Nelan Indah.

“Disini juga Saya informasikan, untuk Monev kali ini yang diperiksa secara administasi ada 4 item pekerjaan yaituh, Pembangunan Sumber Air bersih untuk masyarakat, Instansi Listrik, Instansi Perpipaan Sedotan dan pekerjaan Talut Penahan Tanah (1 paket) dengan anggaran, Rp 238.508.000 bersumber dari Dana Desa tahun 2024, di mulai pekerjaan tanggal 20 Januari 2024 dan selesainya pekerjaan tanggal 30 April 2024 juga dilanjutkan PHO pekerjaan tanggal 2 Mai 2024,” demikian jelas Kades Nelan Indah, Hendi Kusrianto.

“Tutup Kades Hendi, harapan saya untuk perangkat Desa Nelan Indah, bekerjalah dengan Ikhlas dan sabar dalam melayani masyarakat sesuai tupoksi masing-masing, semoga apa yang diharapkan oleh masyarakat Desa Nelan Indah demi untuk kemajuan bisa tercapai,” Aamiin. (Am)