Sosok Jenderal Bersahaja dan Sederhana Itu Ada Pada Diri Irjen Pol. Drs. Ilham Salahudin

KALTENG, Mediapolri.id – Perasaan takut salah, ragu-ragu dan cenderung lebih baik menghindar bila bertemu dengan pimpinan tertinggi, lumrah terjadi pada setiap bawahan di suatu institusi, tidak terkecuali institusi Polda Kalimantan Tengah.

Namun perasaan itu pada anggota Polda Kalteng akan hilang bila berhadapan dengan Irjen Ilham Salahudin yang notabene merupakan pimpinan tertinggi di Polda Kalimantan Tengah.

Bagaimana tidak, Jenderal bintang dua yang tegas ini ternyata menyembunyikan kesederhanaan dalam dirinya yang bersahaja. Hal ini yang tim redaksi rasakan dan saksikan langsung saat mendampingi Irjen Ilham dalam perjalanan dinasnya ke Pantai Ujung Pandaran untuk melakukan penanaman Pohon Mangrove bersama masyarakat dan Instansi lain pada Jum’at (21/02/2020) pagi.

Tak Lazim dan biasanya seorang pejabat tinggi yang lebih memilih menggunakan transportasi dengan fasilitas mewah dan nyaman untuk perjalanan yang lumayan jauh. Namun Jenderal yang menjabat sebagai Kapolda di Kalimantan Tengah sejak 2 Agustus 2019 ini lebih memilih menggunakan sarana dinas kendaraan air Tactical Boat Milik Ditpolairud Polda Kalteng.

Dalam perjalanannya, Kapolda menyempatkan untuk singgah di Markas Unit Patroli Polairud Samuda yang berada di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotawaringin Timur.

Kunjungan yang tak direncanakan ini cukup mengagetkan personel yang bertugas di sana. Apalagi Markas Patroli Samuda yang seluruh konstruksi bangunannya terbuat dari kayu dan terbilang sangat sederhana, tidak memiliki fasilitas standar yang biasa digunakan oleh tamu VIP.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri ini juga terlihat menikmati suasana yang ada di Markas Patroli Samuda sembari menikmati minuman kopi yang disuguhkan saat terlibat obrolan kecil dengan para Pejabat Utama Polda Kalteng diantaranya Karoops, Dirresnarkoba, Kabid TIK dan Dirpolairud.

Tak berhenti disitu, saat melanjutkan perjalanan ke Pantai Ujung Pandaran menggunakan kendaraan roda empat, kesederhanaan itu kembali terlihat saat Jenderal kelahiran tahun 1962 ini rela berbagi tempat duduk dengan Karoops yang nota bene merupakan bawahan beliau.@ Herry.f

Komentar