Sinergitas Sipandu Beradat Kelurahan Sesetan Amankan Rangkaian Upacara Pujawali Di Pura Dalem Sakenan

DENPASAR – Bhabinkamtibmas Kelurahan Sesetan Aiptu Made Antara bersama dengan Babinsa, Pecalang, Linmas yang tergabung dalam Sipandu Beradat Desa Adat Sesetan melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan upacara pemapagan Tirta Pakuluh dari Pura Dalem Sakenan bertempat di depan Pura Desa Adat Sesetan Jalan raya Sesetan Denpasar Selatan. Senin (16/1/2023)

Kegiatan Mendak Bhatara Tirta atau Nunas Tirta Pakuluh dari Pura Dalem Sakenan juga dilaksanakan Desa Adat Sidakarya dan Desa Adat Panjer, dimana kegiatan diawali dengan ngetuurang atau ngemedalang masing masing pelawatan kemudian menuju Pura Dalem Suwung Batan Kendal.

Prosesi in dilakukan setiap 6 (enam) bulan sekali yang sering disebut dengan “Pemagpagan” yaitu pada Soma Paing Wuku Langkir yang jatuh pada hari Senin (16/1) yang merupakan rangkaian dari Upacara Pujawali/ piodalan Pura Dalem Sakenan.

Dalam hal ini personil Bhabinkamtibmas bersama sipadu beradat melaksanakan pengamanan pastikan kelancaran jalannya kegiatan upacara.

Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Made Teja Dwi Permana, S.H., S.I.K. saaf dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan Nunas Tirta Pakuluh dari Pura Dalem Sakenan yang dipusatkan di Pura Dalem Suwung Batan Kendal ini merupakan rangkaian dari upacara pujawali Pura dalem Sakenan dan kami selalu memberikan pengamanan guna kelancaran kegiatan tersebut.

“Diharapkan selama rangkaian atau proses upacara ini dapat berjalan dengan aman dan lancar serta masyarakat nyaman mengikuti rangkaian piodalan” imbuh Kapolsek Densel.

Komentar