Nasional

Semangat Untuk Bangkit, Kapolda Banten Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-115

0
×

Semangat Untuk Bangkit, Kapolda Banten Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-115

Sebarkan artikel ini

SERANG – Kepala Kepolisian Daerah Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 yang bertempat di halaman apel Polda Banten pada Senin (22/05).

Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023 secara Nasional mengangkat Tema “Semangat Untuk Bangkit”, yang diikuti Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif, Pejabat Utama Polda Banten dan seluruh personel Polda Banten.

Dalam hal ini, Kapolda Banten membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate terkait peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115. “Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19 selama 3 tahun terakhir ditengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 sebagai upaya membangun kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi,” ungkap Rudy.

Rudy mengatakan bahwa Kebangkitan Indonesia di tengah Krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah Indonesia diberbagai forum Internasional. “Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar yakni G20,” ujar Rudy.

Menurut Rudy kepemimpinan Indonesia ditingkat dunia terus berlanjut dengan kekuatannya dalam forum ASEAN di tahun 2023. Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pascapandemi juga dikobarkan di tingkat regional. “Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045,” lanjut Rudy.

Terakhir Rudy mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional. “Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” tutup Rudy.

Sementara itu pasca upacara, Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono selaku Ketua Panitia Upacara mengatakan ada tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional. “Tiga tujuan dan cita-cita utama kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan Nusa dan Bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermanfaat di mata dunia,” ucap Dedy.

Diakhir Dedy mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. (Bidhumas)