Nasional

Secara Virtual, Kapolda Riau Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Presiden RI

1
×

Secara Virtual, Kapolda Riau Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Presiden RI

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengahadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang tersambung secara Virtual dengan Presiden RI, Joko Widodo, yang digelar di Aula Tribrata Lantai 5 Mapolda Riau, Kamis (01/06/2023) pagi, sekitar pukul 08.00 Wib.

Selain Kapolda Riau, Irwasda Kombes Pol Hermansyah, PJU Polda Riau serta Kapolres dan Kapolresta Jajaran Polda Riau, juga turut hadir dalam upacara tersebut.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan, Alhamdulillah di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari 1000 negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonominya, menjaga stabilitas sosial dan politiknya inflasi terkendali investasi tumbuh dan lapangan kerja bertambah.

“Ini adalah sumbangsih seluruh anak bangsa berkat persatuan berkat kerja keras dan gotong royong bangsa ini berhasil menghadapi tampuk dan semakin dipercaya dunia,” kata Joko Widodo.

Jokowi menambahkan, Semua itu pondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan presiden pertama republik Indonesia, Soekarno. Ideologi yang harus terus dipegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa.

“Saat ini kita masih terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan beradab ini butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Personil dalam pemerintah bisa terganti tapi perjuangan tak boleh terhenti. Keadilan pemerataan dan kesejahteraan adalah yang ingin kita wujudkan melalui reformasi struktural, peningkatan kualitas sumber daya manusia, stabilisasi industri dan pembangunan ibukota Nusantara,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi ke-20 yang telah sukses dilaksanakan ketuaan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Toleransi persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh oleh sebab itu saya mengajak kita semua untuk menolak ekstremnisme menolak politisasi identitas menolak politisasi agama,” kata Jokowi.

“Mari kita menyambut pesta demokrasi pemilu 2024 dengan kedewasaan dengan sukacita dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila memperjuangkan Indonesia maju yang adil yang sejahtera serta berwibawa di kancah dunia. Selamat hari lahir Pancasila. Salam Pancasila. Merdeka,” tutup Jokowi.

Sementara, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, hari ini, merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal 1 Juni tersebut diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Lahir Pancasila.

“Pejabat Polda Riau menghadiri upacara tersebut yakni Kapolda Riau Irjen Iqbal serta sejumlah pejabat utama Polda Riau,” kata Kombes Pol Nandang.

Tidak hanya di Mapolda Riau saja, seluruh Polres dalam jajaran Polda Riau juga mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual.

“Untuk tingkat Polres, upacara tersebut dihadiri oleh masing-masing Kapolres bersama para pejabat utama dan sejumlah perwira kepolisian setempat,” pungkas Kombes Pol Nandang.@RED