oleh

Dinikmati, AKBP Hery Purnomo Bersama Aksi HKTI Jember Makan Bersama Dengan Beralasan Daun Pisang di Hari Krida Pertanian

JEMBER – Peringatan Hari Krida Pertanian ke 50 yang digelar oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Jember pada Kamis (24/6/2022) dilakukan dengan menggelar aksi demo di depan Pendopo Bupati Jember.

Dalam aksi yang diikuti oleh sekitar 25 peserta ini, HKTI menolak pencabutan pupuk subsidi dari pemerintah, menolak rekomendari DPR RI yang hanya mensubsidi 9 komiditi, serta mendesak pemerintah untuk menaikkan HPP (Harga Pokok Penjualan) Gabah Petani.

“Kami minta agar pemerintah memperhatikan nasib petani, naikkan HPP gabah petani, sudah lima tahun HPP tidak ada kenaikan, di sisi lain pupuk subsidi juga dikurangi, tentu hal ini sangat memberatkan bagi petani, petani bisa menangis di negeri agraria, dan ini sangat ironis,” ujar Jumantoro ketua HKTI Jember yang juga korlap aksi.

Ada yang menarik dari aksi yang digelar oleh HKTI Kabupaten Jember yang semula akan diikuti oleh sekitar 100 orang, namun berkat pendekatan persuasif dari pihak Polres Jember, jumlah peserta aksi menjadi 25 orang, yakni aksi para peserta yang makan bersama dengan menggunakan alas daun pisang.

Tidak hanya itu, Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo SIK. SH yang mengawal langsung aksi ini tidak canggung berbaur bersama para petani saat diajak makan bersama dengan alas makan daun pisang.

Menurut Jumantoro, aksi makan beralaskan daun pisang ini dilakukan sebagai wujud syukur petani, dimana masyarakat bisa makan karena petani, bangsa indonesia bisa swasembada pangan juga karena petani, selain itu makan adalah sebuah kebutuhan bagi setiap manusia.

“Makan ini sebuah kebutuhan, oleh karenanya, kami selain melakukan orasi juga menggelar aksi makan bersama, karena makan adalah kebutuhan setiap manusia,” ujar Jumantoro.

Aksi ini sendiri berjalan lancar dan tertib sampai akhir, setelah Kapolres Jember mengajak perwakilan peserta aksi untuk bertemu dengan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, dimana dalam pertemuan tersebut, HKTI menyerahkan surat yang ditujukan kepada presiden RI melalui wakil Bupati Jember, dimana surat tersebut intinya menuntut pemerintah untuk mensejahterakan petani.

“Perwakilan aksi tadi sudah kami pertemukan dengan pak Wabup, dan beliau juga menerima peserta aksi dengan baik, sehingga apa yang menjadi tuntutan peserta aksi sudah terjawab oleh pak Wabup, dan saya mengucapkan terima kasih kepada peserta aksi, karena telah tertib dalam menyampaikan aspirasinya sehingga kamtibmas di Kabupaten Jember tetap kondusif,” ujar Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo SIK. SH.

Usai bertemu dengan Wakil Bupati, peserta aksipun membubarkan diri dengan tertib, tidak hanya itu, selama aksi berlangsung kondisi lalu lintas juga terpantau aman tanpa ada kemacetan berarti. (*Jbr)

Komentar

News Feed