Satgas Aman Nusa ll Polri Siap Bantu Pemerintah Dalam Penanganan Virus Corona

JAKARTA – Pemerintah telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 yang dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo. Dalam Gugus Tugas itu melibatkan unsur Kementerian, Pemerintah Daerah, TNI dan juga Polri.

Sebagai bagian dari Gugus Tugas ini, Polri membentuk Satgas Aman Nusa ll-2020 untuk penanganan Virus Corona. Satgas ini bekerja selama 30 hari ke depan dengan fokus utamanya adalah pencegahan, penanggulangan dan penegakkan hukum.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan Satgas Aman Nusa ll-2020 dibentuk untuk mempermudah tugas Polri yang masuk dalam tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19.

“Polri beserta seluruh jajaran berkoordinasi dengan BNPB, TNI, dan Pemerintah daerah melaksanakan kegiatan operasi terpusat kontijensi “Aman Nusa ll-2020″ dalam rangka penanganan Virus Corona selama 30 hari di seluruh wilayah Indonesia dengan mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan dan penegakkan hukum,” kata Brigjen Argo Yuwono, Jumat (20/3/2020).

Berikut 4 Tugas Polri dalam Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19:

1. Preemtif: Mapping wilayah rawan penyebaran Virus Covid-19, menghimbau agar masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, dan giat keagamaan serta melakukan upaya hidup bersih.

2. Preventif: patroli wilayah rawan penyebaran, melakukan giat pengawasan menggunakan alat pengukur suhu panas tubuh, melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di lokasi keramaian, ekonomi, keagamaan serta pengaman di lokasi rawan aksi kejahatan serta menindak pelaku kejahatan “penjarahan, perampokan, pencucian dll”, tindak pelaku penimbun dan bahan makanan kesehatan.

3. Penegakkan hukum : Hoax dan penimbunan bahan pokok

4. Rehabilitasi dan kesehatan : pendampingan dan consuling keluarga suspect Covid-19, penyiapan ruang isolasi pasien Covid-19, penyiapan sarana kesehatan dan personel kesehatan untuk tanggulangi Covid-19.

Adapun wilayah yang menjadi target operasi Satgas Aman Nusa ll-2020 adalah

Orang : WNA dari negara terinfeksi virus, WNI suspect Covid-19 dan keluarga.

Benda : benda sebagai media penyebaran virus, benda lain yang dijadikan sarana seperti masker, disinfektan dll

Tempat : lokasi keramaian masyarakat, pusat ekonomi, pusat wisata, pusat hiburan, akses transportasi darat, laut dan udara serta RS TPT isolasi suspect Covid-19

Kegiatan : kegiatan kemasyarakatan, kegiatan perekonomian, dan kegiatan lain yang terkait dengan penyebaran Covid-19.@divisi humas

Komentar