Nasional

Sat Pol Airud Polres Tabanan Sembahyang Tumpek Landep Dari Atas Kapal

×

Sat Pol Airud Polres Tabanan Sembahyang Tumpek Landep Dari Atas Kapal

Share this article

TABANAN – Sebagai wujud rasa syukur dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, atas asungkertha waranugraha-Nya, memberikan keselamatan, dan kesehatan nafas kehidupan bagi umat manusia. Dalam rangka memperingati hari raya Tumpek Landep yang diperingati setiap 210 hari sekali pada hari Sabtu, Kliwon, Wuku Landep Satuan Pol Airud Polres Tabanan melaksanakan persembahyangan dari atas Kapal Tg.Bulung Daya di Danau Beratan Bedugul, Desa Candikuning Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H., Kasat Pol Airud Polres Tabanan mengatakan bahwa “kegiatan persembahyangan dan menghaturkan sesaji dari atas kapal ini adalah sebagai wujud rasa syukur kami kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena sampai saat ini kami telah dianugerahi keselamatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas di Danau Beratan untuk menjaga memberikan rasa aman kepada masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung,” ujar Kasat Pol Airud Polres Tabanan.

“Selain menghaturkan sesaji berupa canang burat wangi dari atas kapal kami juga menghaturkan berupa segehan di Danau Beratan, hal ini dimaksudkan untuk keseimbangan antara bawah, tengah dan atas, alam bhur, bwah, swah. Semoga dengan demikian kami tetap diberikan perlindungan oleh Ida Sanghyang Widhi Wasa /Tuhan Yang Maha Kuasa untuk tetap bisa menjalankan tugas-tugas negara dengan baik,” ungkap AKP I Nyoman Artadana, S.H.,M.H.(Sabtu 3/6/2023).

Peringatan Tumpek Landep merupakan sujud sembah bhakti bagi umat Hindu kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan manifestasi-Nya sebagai Sang Hyang Siwa Pasupati. Pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan sujud sembah bhakti dan penuh keikhlasan. Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan akan selalu hadir dengan berbagai nama rupa
maka di sana akan selalu ada rasa syukur, rasa penuh bakti, rasa penuh cinta, maka akan hadir kebajikan dan tuntunan kehidupan. “Wyapi Wyapaka Nirwikara artinya selalu ada di mana-mana tidak terpengaruh dan tidak berubah”.@Human