oleh

Sambut HUT Kesehatan TNI-AL, Lanal Timika Adakan Sunatan Massal dan Santunan

TIMIKA, mediapolri.id – Dalam rangka memperingati HUT Kesehatan TNI-AL Tahun 2021, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Timika melaksanakan kegiatan sunatan massal dan santunan kepada anak yatim di Aula Kantor Perwakilan Lanal Timika, Jl. Gorong Gorong Free Port Lama, Sabtu (9/10/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin Danlanal Timika Letkol Laut (P) Deni Indra Murdiyanto dan dihadiri Dandenpomal Kapten Laut (PM) Rony Eleanor, Ka Akun Lettu Laut (S) Dono, Danunit Intel Lettu Laut (T) Hadiansyah, Pabinhar Letda Laut (PM) Isbandi, Letda Laut (K) dr. Rizki Dewa Febrians, Tim Kesehatan Lanal Timika, Tim Bantuan Kesehatan dari RSUD Kab Mimika, dan Babinpotmar Lanal Timika. Juga diikuti Koptu APM Firdaus dan Tertua BK Piabung Rum/W Dian Yuli Priambudi Amd Kep beserta rekan-rekan Balai Kesehatan Piabung.

Sesuai amanat Asisten Personel Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi MTr (Han) CHRMP, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Deni Indra Murdiyanto menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesehatan TNI AL kali ini diperingati masih dalam kekhawatiran di tengah Covid-19. Belum usai sekalipun secara nasional, kasusnya sudah menurun dan terkendali. TNI Angkatan Laut melalui Dinas Kesehatan Angkatan Laut dan satuan kerja yang telah bekerja dan berupaya keras serta bergerak cepat untuk dapat menekan angka penularan Covid-19 di jajaran TNI Angkatan Laut.

“Prajurit sudah banyak terpapar Covid-19, hal ini disebabkan interaksi sosial di lingkungan kedinasan maupun diluar kedinasan dan masih ada yang mengabaikan tentang Protokol Kesehatan secara disiplin serta konsisten melakukan imunisasi Vaksin Covid-19 bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarga. Dalam rangka mendukung Program Pemerintah agar tercapai Herd Imunity, sehingga pandemi covid-19 bisa terkendali secara menyeluruh,” jelasnya.

TNI AL 3Ditambahkannya, dengan semangat Harkesal TNI Angkatan Laut siap mewujudkan “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.” Melalui Dinas Kesehatan angkatan laut selaku Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut diharapkan dapat melaksanalan Pembinaan Kesehatan yang baik sehingga dapat mewujudkan kesehatan Prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya, hal ini merupakan salah satu modal dasar melanjutkan pembangunan nasional.

Perlu diketahui bersama bahwa dalam melaksanakan tugas TNI Angkatan Laut selalu berpedoman pada dua aspek yang sangat menentukan keberhasilan yaitu Aspek kekuatan dan Aspek kesiapan. Sedangkan Aspek Bidang Kesehatan dapat diwujudkan dalam bentuk kesiapan prajurit untuk melaksanakan tugas, baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang.

Apabila prajuritnya tidak sehat, mustahil dapat menjalankan tugas dengan baik. Upaya penyiapan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut menjadi hal yang sangat penting diadakan dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut. Sesuai tema yang diambil dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Angkatan Laut tahun ini mempunyai kesatuan pandangan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Dalam dukungan kesehatan, personil perlu dilaksanakan beberapa hal yakni mempersiapkan sarana prasarana fasilitas kesehatan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi tantangan penugasan kedepan terkait pagelaran kekuatan TNI Angkatan Laut, satuan satuan operasi dan perkembangan lingkungan strategis.

Selain itu, memprioritaskan pelayanan kesehatan personel TNI Angkatan Laut selaku beserta keluarganya. Selanjutnya mempersiapkan, merencanakan dan melaksanakan Pemeriksaan Uji Kesehatan (Urikkes) bagi prajurit agar senantiasa sehat dan siap melaksanakan tugas operasi.

TNI AL 1Melalui Amanat Asisten Personel Kasal, Danlanal Timika menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Perwira, Bintara, Tantama serta Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Laut atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban.

Dalam amanat tersebut menyampaikan agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, segala pertolongan termasuk penyembuhan penyakit Covid-19 adalah datangnya dari Tuhan yang maha Esa. Selain itu, tingkatkan terus upaya penyiapan kesehatan prajurit agar terwujud prajurit yang siap tempur dalam dalam penugasan.

Kemudian, tingkatkan dukungan dan pembangunan kesehatan TNI Angkatan Laut selaku agar dapat menjamin kesehatan personel TNI Angkatan Laut dan keluarganya dari wabah Covid-19 dan terus mengembangkan kemampuan kesehatan Matra Laut melalui peningkatan dukungan sarana prasarana kesehatan melalui pendidikan dan latihan bagi tenaga kesehatan TNI Angkatan Laut secara berjenjang dan berlanjut. Serta kerjasama yang baik antar satuan maupun instansi diluar TNI Angkatan Laut dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. @shella

Komentar

News Feed