Sambut Hari Siwaratri, Kapolsek Blahbatuh Ikuti Ceramah Agama Hindu Via Daring

Blahbatuh-Hari Suci Siwaratri jatuh setiap setahun sekali berdasarkan kalender Isaka yaitu pada purwaning Tilem atau panglong ping 14 sasih Kepitu (bulan ke tujuh) dalam perhitungan kalender bali sebelum bulan mati (tilem), dalam kalender Masehi jatuh setiap bulan Januari.

Siwaratri memang memiliki makna khusus bagi umat Hindu, karena pada saat tersebutlah Hyang Siwa beryoga, sehingga menjadi hari baik bagi umat untuk melakukan brata semadi berikut kegiatan penyucian dan perenungan diri serta melakukan pemujaan kepada Sang Hyang Siwa.

Menyambut datangnya hari Siwaratri, personel Polsek Blahbatuh dipimpin oleh Kapolsek Kompol I Made Tama,S.H. mengikuti ceramah Agama Hindu yang dilaksanakan secara daring melalui zoom bertempat di Aula Polsek Blahbatuh, Senin/16 Januari 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Rohjas Biro SDM Polda Bali dengan materi Siwaratri yang didasarkan cerita sastra Lubdhaka dan penjelasannya dalam konsep Agama Hindu serta bagaimana penerapannya di lingkungan Polri.

Seijin Kapolres Gianyar, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. mengatakan bahwa kegiatan ceramah yang diikuti oleh personel mengandung makna penting dalam menyegarkan kembali makna perayaan Siwaratri.

“Tujuan dan Makna Perayaan Siwaratri dapat kita ingat kembali dimana kegiatan ceramah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, tandas Kapolsek Tama.

Komentar