Sambangi Peternak Sapi Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Pencegahan PMK

KARANGASEM – Penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan sudah mereda. Namun demikianlah an kewaspadaan terhadap penyebarannya tetap diantisipasi. Langkah antisipasi perkembangan penyebaran penyakit mulut dan kuku Bhabinkamtibmas selaku pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di desa aktif melakukan sambang dan sosialisasi serta edukasi warga binaan agar wilayah binaan tetap aman dan kondusif masyarakat memahami perkembangan PMK.

Hal tersebut dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Duda Aiptu I Komang Urip Arianto saat melaksanakan sambang pemantauan terhadap hewan ternak peliharaan warga/masyarakat di Dusun Duda, Desa Duda, Kec. Selat, Minggu 11/09/22

Bhabinkamtibmas Desa Duda Aiptu I Komang Urip Arianto melaksanakan kunjungan/sambang dan pemantauan warga pemilik  hewan ternak sapi milik I Wayan Sumatra, umur 40 tahun, Petani, Alamat Dsn. Duda Desa Duda, Kecamatan Selat,  Kab. Karangasem yang memelihara satu ekor Sapi dan satu ekor Babi.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan pesan  kepada pemilik ternak apabila hewan peliharaannya mengalami sakit PMK agar segera melaporkan ke kantor Desa / Dinas peternakan. Disarankan agar kandangnya  selalu dibersihkan agar hewan peliharaannya bisa terhindar dari penyakit mulut dan kuku.

Dari hasil sambang dan pemantauan terpantau hewan peliharaan yang dikunjungi, semuanya dalam keadaan sehat.Peternak memang sudah mengetahui  tentang adanya wabah penyakit mulut dan kuku menyerang sapi dan babi sehingga perlu diantisipasi bersama.

“Dengan kegiatan sambang dan sosialisasi ini saya berharap warga memahami pencegahan dan penanganan PMK sehingga peternak tidak kawatir dan resah dengan adanya PMK,” ucap Bhabinkamtibmas Desa Duda Aiptu I Komang Urip Arianto.

Komentar