NasionalPOLRI

Rotasi Jabatan Strategis AAL kembali Bergulir

×

Rotasi Jabatan Strategis AAL kembali Bergulir

Share this article

SURABAYA – Rotasi jabatan strategis di Jajaran Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) kembali bergulir.

Kali ini, jabatan Wakil Gubernur AAL diserahterimakan dalam sebuah acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar). Endi Supardi, bertempat di Gedung R. Soebijakto, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Jum’at (11/08/2023).

Jabatan Wagub AAL diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI Dato Rusman Sutan Nurdin kepada Laksamana Pertama TNI Arif Badrudin, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kadisdikal), Mabesal, Jakarta.

Sedangkan, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman Sutan Nurdin akan menempati jabatan sebagai Staf Khusus KASAL (Kepala Staf Angkatan Laut) di Mabesal, Jakarta.

Dalam amanatnya, Gubernur AAL mengatakan, bahwa serah terima jabatan ini merupakan hal yang wajar dalam sebuah organisasi, sebagai proses pelaksanaan kebijakan pimpinan, dalam rangka pembinaan karir bagi personel melalui suatu sistem Tour Of Duty dan Tour Of Area.

“Pergantian pejabat adalah kebutuhan organisasi yang diinginkan untuk terus berkembang kearah kemajuan, sesuai tuntutan tugas dan perkembangan lingkungan strategis, sekaligus sebagai substansi kaderisasi kepemimpinan di Akademi TNI Angkatan Laut,” kata Gubernur AAL.

Lebih lanjut, Gubernur AAL mengatakan, bahwasannya momentum serah terima jabatan ini juga merupakan suatu proses regenerasi untuk mengembangkan kemampuan manajerial Perwira yang bersangkutan, sehingga diharapkan dapat membawa perubahan, meningkatkan semangat dan performa kinerja yang lebih baik serta dapat menghasilkan gagasan dan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas pokok organisasi.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI Arif Badrudin merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut Angkatan ke-40 tahun 1994. Mengawali karirnya sebagai Perwira Muda di berbagai penugasan jajaran unsur Koarmatim (sekarang Koarmada II).

Hingga pada tahun 2011, ia menjabat sebagai Komandan KRI Malahayati-362, sebagai Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 pada tahun 2013, dan pada tahun 2015 menjabat sebagai Komandan Lanal Ranai Lantamal IV Tanjung Pinang.

Berbagai penugasan di lembaga pendidikan juga pernah diembannya, diantaranya di Akademi TNI Angkatan Laut dan di Kodiklatal yakni sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Dan Pusdikpel) pada tahun 2017.

Pati Bintang Satu TNI AL ini, juga pernah menjabat sebagai Komandan Kolat Koarmada II pada tahun 2018, Kapuskodal Mabesal tahun 2021 dan sebagai Komandan Kolat Koarmada RI pada tahun 2022, selanjutnya menjabat Kadisdikal pada tahun yang sama.

Dalam acara Sertijab tersebut, turut dihadiri oleh Seklem AAL Laksamana Pertama TNI Ni Ketut Prabhawati, Pejabat Utama AAL, Ketua Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri AAL Ny. Nana Endi Supardi, Pengurus CBS Jalasenastri AAL, perwakilan Perwira, PNS dan Taruna AAL.

@Red