Respon Cepat Polsek Cisaat Sukabumi Diapresiasi Pemerintah Desa, Bantu Warga Lahiran Mandiri dan Bansos

SUKABUMI KOTA – Pasca penanganan peristiwa warga yang lahiran mandiri beberapa hari lalu, sejumlah apresiasi terhadap kesigapan Polsek Cisaat Resor Sukabumi Kota berdatangan, salah satunya dari pemerintah Desa Sukamantri Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

“Segenap pemerintahan Desa mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada pihak Polsek Cisaat yang sudah membantu proses lahiran mandiri Bu Indri yang ada di Kampung Sukamantri RT. 7/3,” ujar Kepala Desa Sukamantri, Cecep Andi Rusmawan kepada wartawan, Rabu (18/1/2023).

Andi juga mengapresiasi upaya Polsek Cisaat dan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi yang telah menyalurkan bantuan terhadap keluarga Indri yang telah lakukan lahiran mandiri.

“Alhamdulilah pihak Polsek Cisaat bekerjasama dengan Dinsos Kabupaten Sukabumi telah membagikan bantuan kepada warga kami yang memang sangat membutuhkan dalam yang memang kesehariannya di bawah rata-rata,” terang Andi.

“Saya ucapkan banyak terimakasih atas bantuannya berupa pakaian anak, susu, makanan untuk orang tuanya dan barang-barang yang menyangkut kebutuhan sang bayi tersebut,” lanjutnya.

Sebelumnya, Unit Patroli Polsek Cisaat Resor Sukabumi Kota menerima laporan masyarakat terkait warga yang lakukan lahiran mandiri di rumahnya di Kampung Sukamantri Cisaat Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/1/2023) malam.

Dari informasi masyarakat tersebut, unit Patroli Polsek Cisaat menjemput Bidan desa dan Paraji untuk membantu mengurus lahiran mandiri yang dilakukan warga tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Sukamantri, Cecep Andi Rusmawan kepada awak media.

“Waktu itu kami mendapatkan informasi via telpon dari pak Bhabin yaitu pak Rano bahwa ada warga yang melaksanakan lahiran mandiri yaitu atas nama ibu Indri, warga RT. 7/3,” ungkap Andi.

“Kebetulan saat melihat patroli Polsek Cisaat, warga kami mencegat dan meminta bantuan. Alhamdulilah dengan kesigapan para petugas patroli waktu itu, secepatnya bekerjasama dengan warga menjemput ibu bidan dan ibu Paraji waktu itu,” lanjutnya.

“Alhamdulilah dengan kerjasama waktu itu, alhamdulilah semuanya dapat tertolong dengan cepat dan proses lahiran juga tidak ada hambatan,” pungkasnya.

Ia juga membeberkan pihak Desa telah melakukan berbagai upaya untuk membantu meringankan warganya yang telah lakukan lahiran mandiri.

“Dari peristiwa tersebut, pihak Desa Sukamantri telah bekerjasama dengan bidan desa, salah satunya untuk memantau kondisi bayi dan ibunya supaya lebih sehat. Dan upaya terakhir pihak bidan desa memeriksa keadaan bayi,” bebernya.

“Kami juga telah memberikan bantuan sembako kepada keluarga tersebut.” pungkasnya.@red

Komentar