oleh

Rapat Koordinasi Tentang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Kab. Subang.

SUBANG – Rapat Koordinasi Tentang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Kab. Subang. Atas Arahan dan Petunjuk Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan Widiyanto, S.H. Kegiatan diikuti oleh Ka Subbag Dal Ops Polres Subang AKP Usep Deni. Jum’at, (13/11/20).

Peserta yang terlibat Wakil Bupati Subang H Agus Masykur, S.Si. MM. Kepala BPBD Kab. Subang H. Hidayat, S.Ag. M.Si. Danlanud Suryadarma diwakili Kadisops Kolonel Pnb Tubagus Hasan. Dandim 0605/Subang diwakili Pasiter Kodim 0605/Subang Kapten Arm Agus Supriyadi. Pasi Intel Kodim 0605/Subang Lettu Inf Sukaji, Kapolres Subang diwakili Ka Subbag Dal Ops Polres Subang AKP Usep Deni. Danyonif 312/KH diwakili Letda Inf Yunus. Perwakilan Pertamina EP Mayor Cpm Tri Handono. Kajari Subang diwakili Jaksa intel Adityo, SH. Perwakilan BBWS Citarum, Perwakilan BP4D, Perwakilan Dinkes, Perwakilan Dinas LH, Perwakilan Dinsos, Perwakilan PJT II Wil IV, Perwakilan Dinas Pertanian, Perwakilan PUPR, Perwakilan Kelautan dan Perikanan, Jajaran BUMN dan BUMD, Para Danramil 0605/Subang, Para Kapolsek Polres Subang, Para Camat Kab. Subang, dan Jajaran Instansi terkait. Jumlah yang melaksanakan Kegiatan sebanyak 130 Orang.

Penyampaian Wakil Bupati Subang H.Agus Masykur. S.Si. M.M. Pelaksanaan Rakoor merupakan hal yang penting untuk menyiapkan penanganan dan penaggulangnan bencana di Kab. Subang yang tiap taun rutin terjadi di Kab. Subang, dan mudah mudahan dengan terlaksananya rakoor ini jika terjadi bencana insyaallah kita sudah siap.

Diharapakan dengan dilaksanakannya Rakoor ini bisa terinvestarisir kekuatan dan peralatan apa saja yang kita miliki untuk kesiap siagaan penanganan dan penanggulangan bencana di Kab. Subang, tapi mudah mudahan semoga musibah bencana alam tidak terjadi.

Setelah terlaksanakannya Rakoor ini akan di susun SK untuk tim penanganan dan penanggulangan bencana di wilayah Kab. Subang.

Penyampaian Kepala BPBD Kab. Subang H. Hidayat, S.Ag., M.Si. Data daerah rawan banjir di Kab. Subang ada 63 Desa, di dominasi oleh Wilayah utara Kab. Subang.

Lokasi bencana alam longsor di dominasi oleh daerah selatan Kab. Subang yang daerahnya di dipenuhi oleh perbukitan dan pegunungan.

Dari BPBD dan pihak terkait telah melaksanakan kerja bakti diantaranya normalisasi saluran air/sungai dan pengerukan sampah untuk antisipasi tersendatnya aliran sungai agar tidak terjadi peluapan sehingga terjadi banjir.

Kejadian bencana alam di Kab. Subang yang dominan terjadi pada tahun 2020 adalah tanah longsor dan pohon tumbang di daerah Subang kota. Kita telah membentuk forum “ganas madu”, yaitu siaga bencana berbasis masyarakat terpadu.

Kita akan mempersiapkan Apel kesiap siagaan penanggulangan bencana alam di Kab. Subang yang di pimpin oleh Kepala Daerah yaitu Bupati Subang Penyampaian Perwakilan PJT II Wil IV Terkait dengan penanggulangan bencana banjir kita telah membuat pos pantau di beberapa titik pintu air untuk pengendalian aliran air yang ada di sungai.

Kesiapan dari kami pihak PJT II Subang yaitu ada alat berat yang siap untuk kebutuhan operasional penanganan dan penanggulangan bencana di Kab. Subang.

Penyampaian Kadisops Kolonel Pnb Tubagus Hasan Harapan kedepannya untuk kolaborasi dari Stakeholder yang ada di Kab. Subang agar lebih aktif lagi, kita harus sama sama bertanggung jawab dalam pelaksanaan atisipasi bencana di Kab. Subang.

Dari kami TNI AU sudah ada perintah dari Pimpinan pusat agar siap siaga dalam penanggulangan bencana, kami sudah menyiapkan sarana dan prasarana alusista yang kita miliki untuk membantu Pemkab Subang jika di butuhkan.
Pasiter Kodim 0605/Subang Kapten Arm Agus Supriyadi Kesiapan dalam penanggulangan bencana dari tingkat Kodim 0605 Subang dari awal sudah melaksanakan Apel kesiap siagaan penanganan bencana, jika ada informasi bencana alam kami secepatnya akan langsung bergerak.

Banyak sarana dan prasarana Alsus yang kita miliki siap untuk membantu penanggulangan jika terjadi bencana di Kab. Subang.
Seluruh Personil jajaran Kodim dan Koramil sudah siap sedia jika ada bencana Penyampaian Ka Subbag Dal Ops Polres Subang AKP Usep Deni Untuk informasi dari BMKG melalui Pimpinan Pusat bahwa hujan akan terjadi pada bulan Januari sampai Februari, tentunya itu perlu untuk di antisipasi. Kasus Covid 19 belum menurun jadi tetap perlu di waspadai.

Apel siaga bencana tingkat Provinsi dan Kabupaten agar di pimpin langsung oleh kepala daerahnya masing masing Polres Subang sudah menyiapkan alusista untuk penanganan dan penanggulangan jika terjadi bencana alam di Kab. Subang.

Penyampaian perwakilan Yonif 312/KH Letda Inf YunusKami mendukung di dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di Kab. Subang yang telah menyiapkan SST yang stanby jika ada perintah untuk membantu, dan Peralatan alsus kita sediakan jika nanti ada emergency untuk mendukung penanganan dan penanggulangan bencana.

Rapat Koordinasi Tentang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Kab. Subang berjalan aman dan kondusif ,”Tandasnya@Jajang.

Komentar

News Feed