oleh

Prosesi Duduk Adat Untuk Penyelesaian Masalah Antara Kedua Bela Pihak Pengamanan Oleh Aparat Di Aru

KEP. ARU – Pelaksanaan duduk adat antara dua bela pihak dilaksanakan, pada hari Jumat tanggal 16 Oktober 2020 pukul 12.59 Wit, bertempat di Kompleks Kampis RT 021 RW 007 , tepatnya di Kediaman Sekertaris RT a.n YULIANUS TARPONO.

Telah di Laksanakan Prosesi Duduk Adat terkait Permasalahan Penganiayaan terhadap Anak dari Bapak KORNELES TARPONO a.n MARTINA HELENA TARPONO dilakukan oleh anak Dari Bapak YOHANES OHOIWUTUN a.n JANET OHOIWUTUN, Kegiatan duduk Adat dihadiri, YOHANES OHOIWUTUN
STEVANUS RAHANUBUN ( Tokoh Adat )
serta Keluarga dari JANET OHOIWUTUN
KORNELES TARPONO JEDIT TARPONO (Tokoh Adat) MARTEN FATUREY (Tokoh Adat) serta keluarga dari MARTINA HELENA TARPONO, Kegiatan berakhir pada pukul 15.20 Wit. Situasi terpantau aman dan terkendali dilakukan.

Giat tersebut diawasi dan dilakukan pengamanan Danramil 1503-03 Dobo KAPTEN INF DODY MASAOY
Waka Polsek Pp Aru IPTU L. SIWABESSY S.Sos Kanit Binmas Polsek Pp Aru BRIPKA S. LAWUNGGU Banit Intel Polsek Pp Aru BRIPDA I. LATUPONO dan 1 Regu Anggota Koramil 1503-03 Dobo
Kedua belah pihak Keluarga laki-laki dan perempuan.

Dalam Prosesi Adat ada beberapa hal yang dibicarakan diantaranya dan telah disepakati bersama, Penganiayaan Terhadap Sdri MARTINA HELENA TARPONO (Keluarga Perempuan)
Pengrusakan Rumah Milik Sdr YOHANES OHOIWUTUN (keluarga laki-laki).

Hasil Kesepakan Duduk Adat
Pihak Keluarga Perempuan Meminta Sangsi Adat Kepada Keluarga Laki-laki berupa Rp 30 (tiga puluh) gong dengang harga per-gong Rp 1.000.000,- (satu juta) rupiah dan 1 (satu) buah taring gajah.

Keluarga laki-laki tidak menyanggupi dan diminta dilakukan dengan pembayaran berupa uang Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta), Pihak keluarga perempuan mengurangi beban dengan harga Rp 16.000.000,- (enam belas juta) rupiah pertimbangannya sekalian sisa Rp 14.000.000,- (empat belas juta) rupiah untuk menggantikan biaya kerusakan rumah yang dilakukan oleh pihak keluarga perempuan.

Setelah selesai Prosesi Duduk Adat dilakukan Penghimbau Kamtibmas oleh Kanit Binmas Polsek Pp Aru BRIPKA S. LAWUNGGU untuk menjaga Situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polsek Pp Aru lebih Tepatnya Kompleks Kampung Pisang RT 021 RW 007. dalam Prosesi adat tersebut berlangsung dengan lancar dan aman.(Stefen Malihu)

Komentar

News Feed