Nasional

Polsek Densel Lakukan Pengamanan Pujawali Pura Dalem Sakenan

2
×

Polsek Densel Lakukan Pengamanan Pujawali Pura Dalem Sakenan

Sebarkan artikel ini

DENPASAR –  Hari Raya Kuningan adalah hari raya suci umat Hindu untuk memohon keselamatan, perlindungan, dan tuntunan lahir batin kepada Dewa, Bhatara, dan para Pitara. Pada perayaan Hari Raya Kuningan, umat Hindu menghaturkan sembah untuk memohon berkah, keselamatan dan kesejahteraan bagi semua umat.

Bertepatan dengan Hari Raya Kuningan, berlangsung Upacara Pujawali di Pura Dalem Sakenan, Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Sabtu (12/8/2022). Dimana Pujawali di Pura Dalem Sakenan dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (11/8) hingga Minggu (13/8).

Guna menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan pujawali diterjunkan sebanyak 40 personil Polsek Densel bergabung dengan Instansi Terkait dan Pecalang yang dibagi pada 4 (empat) lokasi pos pengamanan.

Pelaksanaan persembahyangan oleh umat dilakukan dengan bergiliran yang dipimpin oleh jero mangku Dalem Pura Sakenan.

Kapolsek Denpasar Selatan AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari, S.E., M.H. saat dikonfirmasi mengatakan seluruh personil yang terlibat pengamanan saat puncak Pujawali sejak pagi sudah tergelar di masing-masing pos pengamanan dimana pelaksanakan pengamanan sudah dimulai dari hari jumat (11/8) saat Pelawatan Ida Batara dari masing-masing Desa Adat Pengempon tiba di Pura Sakenan dilanjutkan puncak Pujawali yang bertepatan pada hari raya kuningan pada Sabtu (12/8) dan minggu (13/8) saat pelawatan Ida Batara kembali ke masing-masing Desa Adat Pengempon.

‘’Kami berharap rangkaian kegiatan persembahayangan yang dimulai sejak Jumat kemarin hingga hari minggu, nantinya dapat berjalan aman dan lancer,’’ ujar Kapolsek.@red