Nasional

Polresta Samarinda Gelar Apel Pemeriksaan Kesiapan Pasukan Pam TPS Pemilu 2024

×

Polresta Samarinda Gelar Apel Pemeriksaan Kesiapan Pasukan Pam TPS Pemilu 2024

Share this article

SAMARINDA – Kepolisian Resor Kota Samarinda menggelar apel Pasukan Pengecekan Petugas Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 untuk wilayah Kota Samarinda, Rabu (31/1/2024) Pagi Pukul 08.00 WITA.

Apel tersebut dipimipin langsung oleh Waka Polresta Samarinda AKBP Eko Budiarto, S.I.K, dihadiri Pejabat Utama Polresta Samarinda, Kapolsek Jajaran dan seluruh personil yang terlibat dalam Pengamanan TPS Pemilu 2024.

banner 325x300

Dalam sambutannya, AKBP Eko Budiarto mengatakan pengecekan personil merupakan langkah awal kesiapan dalam rangka pengamanan pada hari pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 14 Februari 2024.Karena itu dicek betul keperluan dan kebutuhan, baik pakaian hingga logistik pangan serta kita lakukan bagaimana cara bertindak bagaimana personel pengamanan di lokasi TPS.

“Kepada seluruh personil yang sudah senior jangan terlena dan tetap melaksanakan tugas sesuai pembagian tugas yang sudah diberikan. Sehingga kehadiran kita di setiap lokasi terlihat oleh masyarakat dan dapat mengamankan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara sampai selesai dalam situasi yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Waka Polresta Samarinda juga menambahkan para personil perlu mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sebelum, pada saat dan setelah perhitungan suara dilakukan.

Segeralah laporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan jika terjadi peningkatan eskalasi di lapangan dan jangan sampai melakukan tindakan yang berlebihan atau ‘excessive power’,” tambahnya.

AKBP Eko Budiarto berpesan, kepada personil untuk tetap menjaga netralitas dengan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan kepada keberpihakan ke salah satu pasangan calon (paslon) atau partai politik (parpol).

” Jangan bicara yang mengarahkan dukungan atau menjatuhkan elektabilitas salah satu paslon atau parpol. Semoga pemungutan dan perhitungan suara di wilayah hukum Polresta Samarinda senantiasa aman dan damai,” tutupnya.@red