oleh

Video Viral Pungli di Jembatan Bailey Cipatujah, Enam Pelaku Berhasil Dibekuk Polres Tasikmalaya

TASIKMALAYA – Pungli yang videonya viral di Jembatan Bailey, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat dibekuk Polres Tasikmalaya.

Awalnya, lima orang telah diamankan pada hari jumat. Hari ini, Encu Haryanto (38) turut diamankan. Encu dibawa anggota Polsek Cipatujah bersama Aparat Desa Cipatujah dan tokoh masyarakat setelah sempat sembunyi di rumah mertuanya.

“Kita amankan asalnya lima orang kemarin jumat (13/11/2020). Hari ini Sabtu pelaku yang viral lagi pungli Rp 150 ribu ke tiga truk diamankan juga, ”ujar AKP Hario Prasetyo Seno, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, Sabtu (14/11/2020).

Aksi pelaku tidak diketahui terbagi dalam tiga Sif yaitu pagi, siang dan malam. Semua meminta izin yang akan melindungi Jembatan Bailey.

“Jadi ada sif itu mereka pungli di Jembatan. Ada pagi siang malam. Yang kita amankan sif siang dan barang buktinya baru seratus ribu lebih, ”ujar Harip.

Encu bersama lima rekanya tidak dilakukan penahanan oleh pihak kepolisian. Mereka hanya dikenai sanksi pidana ringan mengingat barang bukti yang kurang dari dua ratus ribu rupiah.

Pelaku pungli ini dimintai dokumen tidak berjanji akan melakukan Pungli serupa. Mereka jika salah satu pejabat pungutan liar, bersedia dipidana.

“Ini para pelaku memang hanya tindak pidana ringan. Barang buktinya kecil. Tapi mereka ditempatkan dihadapan aparat Desa Cipatujah dan Tokoh masyarakat Cipatujah tidak akan mengatur aksinya, ”kata Hario.

Mengaku kapok melakukan aksi pungutan pembohong. Ia bersama rekanya yang tidak akan menyatakan perbuatanya.

Aksi pungli ini terjadi akibat molornya pembangunan Jembatan yang roboh diterjang banjir bandang 2018 silam. Masyarakat justru memanfaatkan ketiadaan jembatan permanen untuk mencari keuntungan sendiri.@Red

Komentar

News Feed