oleh

Polres Subulussalam Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Seulawah-2021

ACEH – Dihadiri oleh Dandim 0118 Subulussalam, Wakapolres Subulussalam, Pejabat Utama Polres Subulussalam, Kadishub Kota Subulussalam, Kasat Pol PP Kota Subulussalam, dan segenap para undangan Polres Subulussalam laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah-2021 dihalaman Mapolres Subulussalam Senin, (20/9/2021)

Dalam naskah Amanat Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Ahmad Hadyar, S.H., M.M yang dibacakan oleh Kapolres Subulussalam AKBP Qori Wicaksono, S.I.K mengamanahkan ” Operasi Patuh Seulawah dilaksanakan setiap tahun dan merupakan kelender Kantibmas”.

” Berdasarkan Anasila dan Evaluasi Kamseltibcarlantas tahun 2021, di wilayah hukum Polda Aceh diperoleh data yakni pada Tahun 2019 terdapat 57 Kasus dan Tahun 2020 meningkat menjadi 63 Kasus dengan Persentase 10% kenaikan, dari 6 Orang menjadi 21 Orang”.

” Pada Tahun 2019 terdapat 10.425 Pelanggaran, yang diselesaikan dengsn Tilang sebanyak 8.677 Kasus dan 1.748 Teguran. Angka ini terjadi peningkatan pada Tahun 2020 yaitu 25.103 Pelanggaran, yang diselesaikan dengan Tilang sebanyak 11.273 Kasus dan 13.830 Teguran.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas sangat berkolerasi terhadap jumlah Fatalitas korban, baik korban meninggal dunia, luka berat maupun ringa. Guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas.

Hal ini merupakan permasalahan yang Kompleks dan tidak dapat ditangani oleh Polri sendiri, akan tetapi diperlukan adanya Sinergitas antara Pemangku Kepentingan dalam menemukan akar masalah dan menentukan Solusi penyelesaiannya secara Tuntas dan Menyeluruh.

Demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang lebih kondusif, Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Polisi Lalu Lintas yang didukung oleh satuan fungsi lainnya serta melibatkan para pemangku kepentingan, akan melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi ” Patuh Seulawah-2021″ yang diawali dengan Apel Gelar Pasukan pada Masing-masing daerah.

Pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah-2021 dalam bentuk Harkamtibmas bidang Lalu Lintas yang didukung Instansi terkait akan dilaksanakan selama 14 hari di seluruh wilayah Privinsi Aceh dengan mengedepankan kegiatan Edukasi, Persuasif, dan Humanis serta tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan.

Apel Gelar Pasukan dilaksanakan bertujuan untuk memgetahui sejauh mana kesiapan Personel maupun Sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan Operasi yang akan digelar mulai 20 Sept s/d 3 Okt 2021 di jajaran Polda Aceh.

Diharapkan kegiatan Operasi berjalan dengan Oktimal dan dapat berhasil sesuai dengan Target serta Sasaran yang telah ditetapkan. Selain itu, Operasi ini dilaksanakan juga sebagai upaya meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamsel Tibcarlantas di Provinsi Aceh.

Melalui penegakan hukum sacara Tegas dan Humanis terhadap pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan Operasi ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan Operasi yakni meningkatnya disiplin masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan, meningkatnya Ketertiban dan Kepatuhan serta Disiplin masyarakat dalam berlalulintas, mencegah dan Memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga terwujud Kamseltibcarlantas yang mantap.

Ada beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas yakni tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan sebagai landasan utama dalam malaksanakan segala Aktivitas, mengedepankan Keamanan dan Keselamatan pada situasi Kebiasaan Baru Guna Mencegah Penyebaran Covid-19 dengan menerapkan Potokol Kesehatan, hindari Over Acting perilaku petugas di lapangan, operasi bersifat himbauan Edukatif dan Persuasif. Oleh karena itu lakukan tindakan secara Tegas dan Humanis terhadap setiap pelanggar lalu lintas sehingga dapat menimbulkan Efek Jera dan Kepatuhan bagi pelanggar.

Lakukan Kominikasi, Koordinasi dan kedepankan Sinergitas dengan seluruh Instansi terkait dan segenap elemen Masyarakat dalam rangka Keberhasilan Operasi.

Dalam Apel Gelar Pasukan ” Operasi Patuh Seulawah-21″, semoga pengabdian yang telah diberikan dengan penuh keikhlasan akan menjadi catatan Amal Ibadah di hadapan Allah S.W.T dan semoga Allah S.W.T senantiasa memberikan Petunjuk serta Meridhoi setiap upaya yang kita laksanakan dalam melanjutkan Pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara. Tutup
@Sabirin Siahaan

Komentar

News Feed