oleh

Polres Subang Giat Vicon Bersama Dir Lantas Polda Jabar

SUBANG,Mediapolri.id – Dalam rangka Lat Pra Ops Patuh Lodaya Tahun 2020, Polres Subang melaksanakan kegiatan video conferce (vicon) dengan Pimpinan Dir Lantas Polda Jawa Barat di Aula Vicon Polres Subang, Senin (20/7/2020).

Kegiatan tersebut terlaksana atas arahan dan petunjuk Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani SIK MH MM melalui Kabag Ops AKP Rislam Harfian SH SIK CPHR didampingi Kasat Lantas Polres Subang beserta Para Kanit Sat Lantas Polres dan Polsek Jajaran Polres Subang, serta Peserta Lat Pra Ops Patuh Lodaya Tahun 2020.

Karo Ops Polda Jabar dalam arahannya membacakan sambutan Kapolda Jabar Pembukaan Lat Pra Ops Patuh Lodaya Tahun 2020 yang merupakan Ops Rutin Kepolisian untuk menambah kemampuan serta keterampilan setiap personel Polri yang dilibatkan dalam Ops Patuh Lodaya Tahun 2020.

Menurutnya, saat ini Provinsi Jabar mengadakan rencana pembagian 3000 masker dikarenakan adanya penegakkan hukum baru tentang denda tidak menggunakan masker. Sebab, setiap Ops Terpusat tidak mengedepankan satuan fungsi yang terlibat namun juga dibantu dengan satuan fungsi pendukun.

Sementara itu Dir Lantas Polda Jabar dalam arahannya menyampaikan, panduannya sudah dikirim ke wilayah dan jajaran dan yang mengedepankan giat Preventif 40%, Preemtif 40% dan untuk penegakkan hukum sebesar 20% secara tematik.

“Jadikan Lalu Lintas sebagai Pioneer, agar semua anggota di wilayah di check Rapid Test dan dilaporkan sebelum pelaksanaan gelar pasukan,” jelasnya.

Sedangkan ada beberapa kegiatan, salah satunya yaitu Pelaksanaan Ops Patuh di tengah Pandemi Covid-19 dimana memasuki masa AKB ,13 tahapan serta kriteria dilaksanakan agar aman dan tidak terpapar Covid-19.

Para Kasat Lantas jajaran agar memboomingkan/memviralkan tentang mendisplinkan penggunaan masker bagi masyarakat, dan laksanakan secara humanis.

Ditambahkannya, semua kegiatan didokumentasikan dengan baik dari mulai Lat Pra Ops sampai dengan Ops selesai koordinasi dengan Humas di wilayah jajaran. Ada 4 Satgas yaitu Satgas Preemtif (Intel, Binmas dan Lantas), Satgas Preventif (Sabahara dan Lantas), Satgas Gakkum (Propam dan Lantas) dan Satgas Ban Ops (Humas, Dokkes dan Sitipol).

Selain itu, pada tanggal 29 Juli 2020 agar Kasat Lantas jajaran dilaksanakan Apel Kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Adha tahun 2020, check kesiapan sarana dan prasarana serta kesiapan personel dan mapping di wilayah masing-masing.

Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Jabar dalam arahannya juga menyampaikan, Time Line Ops Patuh Lodaya Tahun 2020 selama 14 hari mulai tanggal 23 Juli 2020 s/d tanggal 05 Agustus 2020. Sedangkan target Operasi menurunnya titik lokasi kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. Sementara Sistem Pelaporan agar dilaporkan ke posko paling lambat pukul 16.00 WIB.

Kasubbdit Dakgar Dirlantas Polda Jabar berharap mengoptimalkan giat Dakgar Lantas sesuai prosedur dan hunting system dan wajib Input pada aplikasi E- Tilang. Selain itu tetap menjaga jarak dengan pelanggar dan giat Dakgar Lantas agar dilaksanakan sesuai ketentuan serta dilaksanakan persuasif.
Penerapan Pasal pada Dakgar Lalu Lintas yang berpotensi Laka Lantas salah satunya yaitu Pasal 283 Jo Pasal 106 ayat (1) menggunakan HP saat mengemudi dan pasal lainnya, serta giat tilang tidak ditentukan dalam target dan giat teguran.

Sedangkan Wadirlantas Polda Jabar meminta jangan sampai ada teguran atau temuan bahwa pelaksanaan Ops Patuh tidak sesuai dengan aturan. Pedomani pada saat bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha tahun 2020 dan jaga keselamatan anggota pada saat pelaksanaan tugas serta dilengkapi APD yang sudah dibuat dan penggunaan handsanitizer.

Pelaksanaan Lat Pra Ops untuk merencanakan persiapan baik personel maupun sarana dan prasarana Ops Kewilayahan Terpusat dengan Sandi Ops Patuh Lodaya 2020 dengan pelaksanaan selama 14 hari di Wilayah Hukum Polda Jabar. Sementara Vicon Pimpinan Dir Lantas Polda Jabar dalam Lat Pra Ops Patuh Lodaya Tahun 2020 berjalan aman dan kondusif. @Red

IMG 20200721 WA0033

Komentar

News Feed