Nasional

Polres Sinjai Gelar Tes Uji Kemampuan Bhabinkamtibmas dalam Memahami Tugas dan Menyelesaikan Permasalahan

0
×

Polres Sinjai Gelar Tes Uji Kemampuan Bhabinkamtibmas dalam Memahami Tugas dan Menyelesaikan Permasalahan

Share this article

SINJAI – Kepolisian Resor Sinjai di bawah pimpinan Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Fery Nur Abdulah, S.Ik, menggelar tes uji kemampuan bagi anggota Bhabinkamtibmas dalam memahami tugas dan menangani permasalahan di lapangan.

Kegiatan ini berlangsung di ruang Lobby Pratasara Wirya Mapolres Sinjai pada Kamis (16/5/24) dan diikuti oleh 39 peserta dari Bhabinkamtibmas serta 8 peserta dari Kanit Binmas Polsek jajaran.

banner 325x300

Menurut, Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdulah, S.Ik tugas kepolisian semakin kompleks, terutama bagi Bhabinkamtibmas yang merupakan garda terdepan Polisi di tingkat desa/kelurahan. Dia menekankan bahwa Bhabinkamtibmas perlu memiliki kemampuan yang handal dalam menangani berbagai tantangan dilapangan secara efisien.

Meski demikian, di Kabupaten Sinjai, terdapat 80 desa dan kelurahan dengan hanya 39 personel Bhabinkamtibmas. Hal ini menyebabkan sebagian Bhabinkamtibmas harus bertanggung jawab atas beberapa desa/kelurahan sekaligus.

“Tes uji kemampuan ini akan membantu kita mengevaluasi bagaimana kemampuan para Bhabinkamtibmas dalam memahami tugasnya mengelola kamtibmas di daerah binaannya,” ungkap Kapolres Sinjai.

Para peserta tes diberikan serangkaian persoalan yang dihadapi secara aktual di Kabupaten Sinjai, termasuk bencana alam, kriminalitas, pengamanan dan pengaturan ditempat rekreasi, perambatan hutan, demonstrasi, dan lain sebagainya. Semua penilaian dilakukan oleh tim penilai Polres Sinjai yang ditunjuk langsung oleh Kapolres Sinjai.

“Setelah tes uji kemampuan ini, diharapkan kita dapat mengetahui kemampuan personel bhabinkamtibmas dalam memahami dan menyelesaikan persoalan, sebagai pijakan kita untuk melakukan perencanaan kedepan dalam meningkatkan kemampuan yang diperlukan bagi personel Bhabinkamtibmas” tambahnya.

Sebagai garda terdepan kepolisian di tingkat desa, Bhabinkamtibmas diharapkan mampu menjawab setiap tantangan lapangan dengan cepat dan tepat. Kegiatan ini diharapkan outputnya adalah dapat meningkatkan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat, khususnya di tingkat desa/kelurahan, dengan memiliki personel yang berkualitas dan terlatih dengan baik.

Tes uji kemampuan ini merupakan salah satu upaya Polres Sinjai untuk terus meningkatkan kapasitas dan responsivitas Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya di tengah kompleksitas masalah yang dihadapi di masyarakat desa.

Diharapkan, hasil dari tes ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan dan kebutuhan pengembangan para Bhabinkamtibmas guna mengoptimalkan peran mereka dalam memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.@red