Nasional

Polres Pesawaran Peringati Hari Lahir Pancasila

1
×

Polres Pesawaran Peringati Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG – Polres Pesawaran Polda Lampung. Bertempat di lapangan apel Polres Pesawaran Polda Lampung, seluruh personil melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Sabtu (1/6/2024)

Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin langsung oleh Wakapolres Pesawaran Polda Lampung Kompol Sugandhi Satria Nugraha, S.I.P, M.H.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2024 yakni “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”

Hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut Pejabat utama Polres Pesawaran beserta personil bintara serta ASN Polri Polres Pesawaran.

Wakapolres Pesawaran dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika” sehingga di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menjiwai dan pedomani Pancasila agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. .

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.” Ungkap Sugandhi.

Lebih lanjut, momen peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. “Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita,” ucapnya.

“sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat.” tutup Sugandhi.@red