Nasional

Polres Bojonegoro Bersama Seluruh Perguruan Silat Deklarasi Pemilu Damai 2024

0
×

Polres Bojonegoro Bersama Seluruh Perguruan Silat Deklarasi Pemilu Damai 2024

Share this article

BOJONEGORO – Dalam rangka Memelihara Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Polres Bojonegoro menggelar Cangkrukan Kamtibmas bersama Bojonegoro Kampung Pesilat(BKP) dan komitmen bersama Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Gedung AP I Rawi Mapolres Bojonegoro, Jum’at(19/1/2024).

Kegiatan Cangkrukan Kamtibmas dihadiri Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si, Wakapolres, para Pejabat Utama(PJU) dan Ketua perguruan pencak silat yang tergabung BKP.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto mengatakan Cangkrukan Kamtibmas ini bertujuan untuk memberikan masukan dan mencari solusi bersama guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan damai di wilayah hukum Polres Bojonegoro.

“Alhamdulillah, sampai saat ini wilayah hukum Polres Bojonegoro masih dalam situasi kondusif, tidak ada hal-hal kejadian yang menonjol berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat yang salah satunya BKP ini,” ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, bahwa BKP merupakan wadah berkumpulnya para pesilat, wadah yang positif.

“Bojonegoro Kampung Pesilat merupakan mitra Polres Bojonegoro dalam menciptakan perdamaian dan rasa aman bagi masyarakat Bojonegoro, kita harus selalu ingat BKP dibentuk atas azas kekeluargaan dan tujuan terbentuknya BKP agar menjaga kamtibmas di Kabupaten Bojonegoro,” ucapnya.

AKBP Mario menambahkan bahwa untuk saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu, tanggal 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024 kampanye terbuka. Perguruan pencak silat hendaknya dapat turut serta berperan aktif dalam menjga Harkamtibmas. Sehingga tercipta situasi yang nyaman, aman, dan kondusif.

“Saya berharap semua perguruan pencak silat tetap menjaga persaudaraan dan kerukunan antar perguruan pencak silat, tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang dapat menimbulkan situasi keamanan jadi tidak kondusif,” kata Mario disela-sela sambutannya.

Masih ditempat yang sama, Ketua BKP, Wahyu Subakdiono mengajak para pesilat bersama sama mendukung dan menyukseskan Pemilu 2024 tanpa ada konflik atau permasalahan hukum. Menurutnya, BKP justru harus menjadi penengah jika terjadi masalah, dan juga menjadi tauladan di tengah masyarakat.

“Mari sukseskan Pemilu ini dan menjadi mitra kamtibmas. Serta bersama sama menjaga keamanan lingkungan demi terciptanya Kamtibmas yang aman, damai, kondusif,” tandasnya.

Untuk diketahui, seluruh perguruan pencak silat yang tergabung dalam BKP telah mengeluarkan imbauan dan menyatakan sikap bersama mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif di Kabupaten Bojonegoro melalui Deklarasi Damai dan penanda tanganan kesepakatan bersama jaga Kamtibmas. @red