oleh

Polres Belitung Siap Back Up, “Perbup” Tatanan Kehidupan Baru Dalam masa Pandemi Covid -19

BELITUNG TIMUR – Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiono mengatakan siap memback up, untuk penerapan peraturan Bupati (Perbup) Belitung Nomor 43 Tahun 2020, tentang pedoman tatanan kehidupan baru produktif dan aman dalam masa pandemi covid-19 tetap akan dilakukan secara bersama-sama dengan TNI, BPBD Kabupaten Belitung, Satpol PP Kabupaten Belitung.

Untuk kepolisian sendiri, apabila saat patroli rutin menemukan ada masyarakat yang tidak taat dengan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker, maka tetap akan diberikan tindakan.

“Tapi sifatnya berupa tindakan fisik dan teguran lisan saja. Ya mungkin untuk tindakan fisiknya kami berikan push up, karena selain patroli untuk disiplin protokol kesehatan ini, kami juga ada patroli rutin,” ungkap Ari kepada wartawan, Jumat (2/10/2020).

Namun untuk menerapkan perbup tersebut berupa denda atau sanksi sosial, kata dia, polisi akan menerapkan apabila melakukan patroli atau razia secara bersama-sama dengan tim yang sudah dibentuk.

“Kalau operasi yustisi, kami tetap akan melakukan secara bersama-sama, sasaran nya di tempat-tempat keramaian tentunya,” ucapnya.

Terkhusus untuk wisatawan, lanjut dia, tentu akan diberlakukan sanksi yang sama, namun lebih kepada teguran dan tindakan fisik saja apabila ditemukan sudah dua kali tidak menggunakan masker.

“Biasanya mereka lebih tahu duluan soal situasi daerah yang ingin mereka tuju. Jadi kami berikan peringatan, kalau wisatawan itu tidak membawa masker, kami berikan masker,” kata Ari.

Apel siaga dan operasi penegakkan hukum serta disiplin protokol Kesehatan percepatan penangan covid-19, Jumat (2/10/2020) di Halaman Kantor Bupati Belitung.(*/Ign)

Komentar

News Feed