Nasional

Polres Bangli, Gelar Upacara Pemakaman Pur. Mayor Polisi Haji Suroso Wihonang

0
×

Polres Bangli, Gelar Upacara Pemakaman Pur. Mayor Polisi Haji Suroso Wihonang

Share this article

BANGLI – Polri selain melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatur dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga melaksanakan tugas lain diantaranya melaksanakan upacara pemakaman terhadap anggota Polri ataupun purnawirawan Polri yang meninggal dunia, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 3 Tahun 2013, tanggal 6 Maret 2013 tentang Pemakaman Anggota Polri atau Purnawirawan Polri.

Kapolres Bangli diwakili Waka Polres Bangli Kompol M. Akbar Eka Putra Samosir, S.H., S.I.K., M.H menggelar upacara pemakaman jenazah almarhum Pur. Mayor Polisi Haji Suroso Wihonang, NRP 40080286, pada Minggu tanggal 24 Maret 2024 pukul 09.00 Wita, di kuburan Muslim Kelurahan Bebalang Bangli. Almarhum yang menghembuskan napas terakhir pada hari sabtu tanggal 23 Maret 2024 di RS BMC Kabupaten Bangli karena sakit, selanjutnya disholatkan di Masjid Agung Bangli serta dibawa ke kuburan Muslim Kelurahan Bebalang Bangli, perwakilan pihak keluarga menyerahkan jenasah almarhum kepada Polres Bangli yang diterima Waka Polres Bangli Kompol M. Akbar Eka Putra Samosir, S.H., S.I.K., M.H sekaligus selaku Inspektur Upacara, untuk dimakamkan secara kedinasan Polri.

banner 325x300

Upacara pemakaman diawali dengan Laporan perwira upacara kemudian penyelubungan bendera merah putih diatas peti jenasah. Bertindak selaku perwira upacara AKP Wayan Sudiarsa, Komandan Upacara Ipda I Nengah Suriawan, pasukan upacara, Pasukan Salvo 10 Personil, Pasukan Kehormatan 1 peleton gabungan Ba dan Pama, Pembawa Foto Almarhum 1 orang, Pasukan Upacara satu pleton Dalmas Polres Bangli dan gabungan Anggota Staf Polres Bangli dan Polsek Bangli,

Pada puncak upacara Inspektur upacara Waka Polres Bangli dalam sambutannya “mewakili pimpinan Pada hari ini kita berkumpul di kuburan muslim Kel Bebalang dalam rangka Upacara Pemakaman Jenazah Alm. Pur. Mayor Polisi Haji Suroso Wihonang.”

“Sebagai penghormatan terakhir kepada almarhum yang meninggal dunia pada hari Sabtu tgl 23 Maret 2024 karena sakit. Ujian ini sungguh sangat mengejutkan dan menyedihkan perasaan kita semua tetapi Tuhan yang maha kuasa telah menghendaki demikian. Pada kesempatan ini, atas nama Pimpinan Polri menyatakan bela sungkawa yang sedalam dalamnya kepada keluarga almarhum dan keluarga yang ditinggalkan bisa tabah. Almarhum semasa hidupnya adalah seorang Bhayangkara yang selalu mengabdi dan mendarma bhaktikan dirinya di Kepolisian, Bangsa dan Negara yg patut menjadi suri tauladan bagi kita semua. ” ucapnya.

Secara simbolis Waka Polres Bangli mewakili pimpinan Polri meletakan karangan bunga kemudian seluruh pasukan upacara memberikan penghormatan terakhir kepada arwah almarhum. Selanjutnya dari pihak keluarga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya upacara pemakaman secara kedinasan ini. Pada saat ini kita semua hadir dalam rangka upacata Pemakaman keluarga kami almarhum purnawirawan Mayor Polisi Haji Suroso Wihonang.”

“ Kami mengaturkan terima kasih kepada pihak kepolisian atas terselenggaranya upacara pemakaman almarhum Haji Suroso Wihonang ini dan kami mohon maaf atas segala kesalahan yang telah di perbuat oleh almarhum .“ Sebagai akhir kata kami menghaturkan terima kasih banyak kepada semua yang hadir dan mohon maaf atas kekurangan. “ ucap Perwakilan Keluarga” (Hms)