Nasional

Polres Badung Gelar Aksi Tanam Seribu Pohon

×

Polres Badung Gelar Aksi Tanam Seribu Pohon

Share this article

POLRES BADUNG – Tindakan penghijauan bagi alam, sangat penting bagi kehidupan. Itulah sebabnya pagi ini, Selasa, (22/8/2023) mulai pukul 08.00 WITA, Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, SIK pimpin langsung kegiatan penanaman pohon di Lingkungan Desa Petang, Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Bali.

Kapolres Badung mengatakan kegiatan kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik, lestari dan lebih hijau, selain berkontribusi langsung kepada alam.

“Ini merupakan Program bapak Kapolri yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda, Polres dan sampai ke Polsek-Polsek.” Jelas AKBP Teguh Priyo Wasono dilokasi.

Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di dua tempat yaitu Banjar Petang Desa Petang dan Banjar Kerta Desa Petang, selain sebagai momentum peringatan HUT RI Ke-78 Tahun 2023 juga dalam rangka menyambut HUT Polwan ke-75

“Kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya pemanasan serta perubahan iklim global yangmana perubahan iklim saat ini cukup ekstrim, bahkan terjadi kekeringan disejumlah daerah dan kebakaran hutan dibeberapa wilayah di Indonesia,” Ungkapnya.

Kepedulian Polri terhadap lingkungan akan menjadi investasi yang akan diwariskan kepada anak cucu mendatang. Oleh karena itu kegiatan penanaman pohon ini bukan sekedar seremonial dan berlangsung hanya satu hari saja, akan tetapi terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Beliau juga menambahkan kegiatan penanaman pohon tersebut akan dilanjutkan sampai dengan hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 pada acara puncak Asean Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 yang dijadwalkan berlangsung di Manggarai Labuan Bajo, Barat, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut direncanakan diikuti beberapa Kepala Kepolisian di ASEAN maupun Kepala Kepolisian yang diundang seperti dari China Dan Australia.

“Secara Simbolis Bapak Kapolri akan memimpin penanaman pohon dengan mengikutsertakan beberapa Kepala Kepolisian Di Pulau Rinca. kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan oleh anggota Polri, tapi bersinergi dengan unsur komponen lainnya seperti dari TNI, Pemerintah Daerah, Unsur Komponen Masyarakat juga ikut bersama-sama menanam pohon.” Imbuhnya yang juga dihadiri oleh Wakapolres Kompol Putu Diah Kurniawandari, S.H., S.I.K., M.H., PJU Polres Badung, Kapolsek Petang AKP I Gusti Ngurah Ketut Sukarata, S.Sos, Camat Petang AA Ngr Sukaeling, M.A.P., Danramil 1611-06/Petang Kapten Inf. I Nyoman Suarka, Perbekel Desa Petang Dewa Gede Usadi beserta perangkat Desa Petang, anggota Koramil 1611-06/Petang, Siswa SMP 1 Petang, Mahasiswa KKN Udayana dan Masyarakat Subak Kerta.

“Selain program penghijauan sejak dini Polri juga akan melaksanakan beberapa program yaitu bantuan air bersih melalui penyediaan sumur bor dan pompa air untuk masyarakat, distribusi buku sebagai upaya untuk meningkatkan budaya literasi Bangsa, UMKM Presisi Expo 2023 dan Briguna Presisi Preneur Expo 2023,” Sebutnya.@red