oleh

Polisi Wisata Menjadi Peran Lain Kepolisian di pulau Seribu

Jakarta – Selain mengemban tugas menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) masih ada tugas lain insan Polri yang bertugas di Kepulauan Seribu.

Diketahui Pulau Seribu adalah salah satu Destinasi Wisata Nasional, dimana icon sebagai daerah wisata sudah melekat di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu tidak selalu pada hari libur dan akhir pekan saja, akan tetapi di hari hari biasa pun banyak wisatawan yang melancong untuk menikmati suasana pulau.

Dengan kondisi demikian Personel Polri yang bertugas di Kepulauan Seribu setiap saat mengamankan dan menjaga situasi dan kondisi pulau agar tetap aman dan kondusif. Karena keamanan dan ketertiban sebagai faktor utama penunjang pariwisata.

Tidak jarang para wisatawan yang berkunjung ke pulau seribu terutama di lokasi wisata pulau berpenduduk ketika akan mengetahui apa yang ada terkait wisata para wisatawan yang baru tiba di pulau akan mencari keberadaan anggota Polri dan menanyakannya.

Hal inilah yang membuat personel Polri yang bertugas di Kepulauan Seribu harus tanggap dan bisa menjelaskan dan memberikan pelayanan kepada wisatawan terkait lokasi wisata, lokasi penginapan, lokasi kuliner dan hal hal lain yang berkaitan dengan kepariwisataan di pulau dimana wisatawan berada.

Tugas Polri seperti ini biasanya diemban oleh Para Bhabinkamtibmas yang ada di pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu yang selalu ada di wilayah binaannya. Bhabinkamtibmas harus mengetahui data apa saja yang ada dan mampu menjelaskan kepada wisatawan.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Kepulauan Seribu AKP Zuhri Mustofa, S.H, M.H., bahwa Bhabinkamtibmas yang ada di sembilan pulau berpenduduk selain melakukan pembinaan warganya berperan juga sebagai Polisi Wisata yang mampu menjelaskan keadaan dan situasi pulau yang menjadi tanggung jawabnya.

“Bhabinkamtibmas yang bertugas di sembilan pulau berpenduduk harus bisa menjadi pelayan masyarakat, termasuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu,”terang Zuhri, Minggu (06/09).

Ar/Humas

Komentar

News Feed