oleh

Polisi Peduli Lingkungan, Polsek Pasir Jambu Bersihkan Bantaran Sungai Sub Das Citarum

BANDUNG, mediapolri.id – Sebanyak Empat Desa yang berada di wilayah Kecamatan Pasir Jambu yang dialiri Sub Das Sungai Citarum tercemar dengan adanya kotoran sapi yang dibuang ke sungai tersebut.

Melihat peristiwa tersebut, Kapolsek Pasir Jambu AKP Asep Dedi dengan program Polri Peduli lingkungan melakukan pembersihan di lokasi bantaran sungai tersebut, Kamis (20/02/2020).

Untuk mengatasi hal tersebut, Polsek Pasir Jambu dengan program “Polri Peduli Lingkungan” bersama instansi terkait dan komunitas peduli lingkungan melaksanakan pembersihan bantaran sungai di sejumlah Empat Desa yaitu Desa Mekar maju, Desa Cibodas, Desa Mekarsari dan Desa Cisondari.

Untuk limbah atau kotoran sapi tersebut, dengan inovasi yang digagas Polsek Pasirjambu. Pihaknya membuat program yang bernama Bankosap (Bank Kotoran Sapi), kotoran sapi tersebut akan dikumpulkan dan diolah menjadi pupuk organik.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menginformasikan, bahwa program tersebut akan terus dilaksanakan sampai para Peternak sapi bisa bersama sama menjalankan program Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat, khususnya yang berdekatan dengan Bantaran Sungai anak Citarum.

“Bankosap ini mudah-mudahan bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk tidak membuang kotoran sapi ke sungai,” pesannya.

Kombes Erlangga pun berharap, masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Pasirjambu menjadi sadar akan lingkungannya dan tidak membuang kotoran sapi sembarangan.

“Dengan adanya gerakan ini, dinas terkait dapat menjadi jembatan untuk mencari konsumen dari pupuk organik yang sudah diolah oleh kelompok tani,” pintanya.

@Maulana

Komentar

News Feed