oleh

Polda Metro Jaya Ungkap Tiga Kelompok Curanmor

Jakarta, MediaPolri.id – Subdit 6 Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 11 Orang pelaku pencurian kendaraan bermotor dengan 9 orang pelaku di tembak kakinya karena mencoba akan melakukan perlawanan saat akan di tangkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pelaku kelompok Lampung ini kerap mencuri kendaraan bermotor di daerah Tangerang dan Tangerang Selatan. Mereka biasanya menjual sepeda motor curian dengan harga murah di media sosial Facebook.

Adapun akun facebook yang digunakan tersangka untuk menjual barang burian itu, hanya dapat diakses oleh orang-orang yang telah mengenal para tersangka saja.

“Kelompok ini menjual ke Lampung menggunakan tangan kedua lagi, cara menjualnya menggunakan media sosial, Facebook. Upaya itu untuk mengkaburkan diri mereka,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Yusri menambahkan ke 11 orang yang di di tangkap pihak kepolisian terdiri dari 3 kelompok yang berbeda. Kelompok Johar Baru Jakarta Pusat, 2. Kelompok Lampung I dan 3. Kelompok Lampung II.

Kelompok Lampung 1 dan 2 dengan modus yang sama mencuri kendaranan bermotor di halaman atau rumah yang sepi penghuninya.

Ketiga orang tersangka dari kelompok Lampung 1 tersebut M dan MH bertugas sebagai pemetik sedang tersangka lainya P sebagai Penadah, Para pelaku ini di ketahui menjual hasil curianya di Daerah Karawang Jawa Barat.

“Selain itu pihak kepolisian juga masih mengejar dua pelaku lainya yang saat ini namanya sudah masuk dalam Dalam Daftar pencarian Orang.” kata Yusri.

Yusri melanjutkan sedangkan untuk kelompok Lampung 2, ketiga orang yang di amankan pihak kepolisian ini AS , AR sebagai pemetik kendaraan bermotor sedangkan J bertugas sebagai pengawas yang biasa melakukan aksinya di Daerah Tangerang.

“Modusnya pelaku bila kepepet dan ketahuan korbanya dalam melakukan aksinya , kadang menakuti-nakuti korbanya dengan mengunaka senjata api mainan” tambah Yusri

Di tempat yang sama Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Azhari Kurniawan mengatakan, Kelompok YY yang melakukan target operasinya di Daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

Azhari menambahkan dalam kurun waktu 3 bulan kelompok YY sudah melakukan aksinya di 25 TKP, Pihak kepolisian berhasil mengamankan 5 orang tersangka Y alias J adalah pemetik , SP Yg mengawasi TKP, AA Joki antar jemput dan DR Penadah.

“Keberhasilaan pihak kepolisian mengamankan kelompok YY yang meresahkan Masyarakat ini berawal dari rekaman CCTV warga yang berguna untuk penyidikan.” tambah Azhari

Dari hasil penangkapan tersebut Pihak kepolisian berhasil mengamankan 5 unit kendaraan bermotor sebagai barang bukti dan beberapa kunci liter T, handphone.

Atas perbuatanya 4 pelaku di jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, Sedangkan untuk Penadah di kenakan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Komentar

News Feed