oleh

Polda Jatim Amankan Sabu 40 Kg dari Malaysia

SURABAYA – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengamankan 40 kg Sabu dan menangkap pengedar sabu yang berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia.

Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan mengatakan, bahwa dari jaringan Malaysia diamankan sekitar 40 Kilogram Sabu. Sedangkan sisanya didapat dari berbagai kasus yang terjadi akhir-akhir ini.

“Awal tahun ini, dalam minggu terakhir jajaran Polda Jawa Timur dari Direktorat Narkoba ini mengungkap ada sindikat dari Malaysia ini cukup besar. Di hadapan kita ini ada kurang lebih 50 kg (dari berbagai kasus),” ungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di mapolda, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (03/02/2020).

Irjen Pol Luki menambahkan, Sabu 40 Kilogram tersebut didapat dari dua WN Malaysia yakni Chee Kim Tiong dan Lhau Chu Hee. Sabu tersebut dikemas dalam bungkus teh, kedua tersangka telah diamankan di Polda Jatim.

“Yang mana kemasan ini kalau kita lihat di media-media ada pengungkapan di Polda lain. Barang buktinya hampir sama dengan bungkusan teh china,” beber Irjen Pol. Luki.

Bahkan, pelaku mengirim barang terlarang melalui mobil ke wilayah Pontianak. Sebelumnya, Sabu ini juga berasal dari Myanmar yang masuk ke Malaysia lewat jalur laut dengan menggunakan mobil pelaku.

“Barang ini sekarang sedang marak masuk ke wilayah Indonesia termasuk di Jawa Timur. Ini ada 40 Kilogram (yang sedang dibawa pelaku), dimana pelakunya adalah orang Malaysia Chee Kim Tiong dan Lhau Chu Hee. Ini terungkap dikirim sendiri pakai mobil dari Myanmar, masuk ke Kucing Malaysia, masuk ke Pontianak dan masuk ke Pangkalan Bun dan lewat kita melalui Tanjung Perak,” terang Irjen Pol Luki.

Sementara, tersangka Chee Kim Tiong mengaku telah dua kali mengirim Sabu ke Indonesia. Dia mengirim Sabu dengan menggunakan mobil dengan bayaran 40.000 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 133 Juta.

“Dua kali kirim. Ke Pontianak 1 kali, kirimnya menggunakan mobil. Saya dapat barangnya dari kawan, Mr. Po, Orang Kucing. (Bayarannya) 40 ribu ringgit semuanya,” kata Che Kim Tiong.

@Redaksi

Komentar

News Feed