oleh

Pertahankan Batas Wilayah Negara, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Gelar Patroli Pengecekan Patok Batas Negara M.M. 4.4 Di Perbatasan

KEEROM – Dalam rangka memastikan wilayah kedaulatan NKRI tidak terganggu, Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam kembali mengadakan patroli pengecekan patok batas negara M.M. 4.4, di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (15/10/2020).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 312/KH Letkol Inf. Dedy Ariyanto S.I.P., M.M., M.Han., M.I.Pol. dalam rilis tertulisnya, di Kabupaten Keerom, Papua, pada Jum’at (16/10/2020).

Letkol Inf. Dedy Ariyanto S.I.P., M.M., M.Han., M.I.Pol. menuturkan, bahwa Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam akan terus rutin melakukan pengecekan patok batas negara yang ada di wilayah tanggung jawabnya.

Setelah sebelumnya, Pos Km.140 melakukan pengecekan patok batas negara M.M. 4.3. Kali ini, giliran Pos Ungalom yang melakukan pengecekan patok batas negara M.M. 4.4.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi tugu-tugu batas Negara Indonesia dalam menjaga Kedaulatan dan Ketahanan batas wilayah Negara khususnya wilayah Darat Sektor Utara Papua-PNG,” terangnya.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan selama Tiga bulan, lanjut Letkol Inf. Dedy, dimulai dari bulan September sampai bulan Nopember 2020, dengan sasaran utama sebanyak 13 Pilar.

Ditempat terpisah, Dankipur I Yonif 312/KH Kapten Inf. Rasam yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan, bahwa patroli ini sangat berguna untuk memastikan kondisi pilar batas yang sesungguhnya di lapangan.

“Hal ini dapat menepis berbagai isu yang kurang benar terkait permasalahan perbatasan. Sekaligus kami memastikan kondisi fisik tugu batas negara M.M. 4.4 ini dan Alhamdulillah kondisi tugu masih berdiri dalam kondisi sempurna, hanya saja keadaannya dipenuhi semak belukar, sehingga langsung kami bersihkan,” beber Kapten Inf. Rasam.

Selain melakukan pengecekan patok batas negara, Satgas Pamtas Yonif 312/KH sekaligus melakukan anjangsana ke kampung kampung yang dilewati dalam perjalanan menuju patok tersebut. Guna semakin meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat yang ada di daerah-daerah pelosok Papua.@Lana

Komentar

News Feed