Nasional

Personil Polsek Marga Amankan Upacara Peringatan HUT Puputan Margarana ke 77

×

Personil Polsek Marga Amankan Upacara Peringatan HUT Puputan Margarana ke 77

Share this article

TABANAN – Upacara dalam rangka Memperingati Hari Puputan Margarana adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Propinsi Bali. Seperti halnya pada hari Senin tanggal 20 Nopember 2023 pagi upacara digelar di TPB Margarana , Desa Dauh Puri, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Bertindak selaku inspektur upacara Penjabat Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya. Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar,Komandan Resor Militer 163/Wira Satya.

Hadir dalam upacara tersebut Forkompinda Propinsi Bali, Ketua DPRD Provinsi Bali, Kepala Badan Intelijen Daerah Bali, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar,
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, pejabat teras Polda Bali, Kodam IX/Udayana, forkopimda Tabanan, Forkompimcam Marga, LVRI Bali, dan Pemuda Panca Marga. Upacara diikuti oleh Ton TNI, Polri, PNS, mahasiswa / Pelajar, PPM, Pramuka dan pasukan Ciung Wanara. Upacara peringatan hari Puputan Margarana kali ini bertemakan “Menggelorakan Nilai-Nilai Puputan Margarana Menuju Bali yang Bermartabat”.

banner 325x300

Seperti kita ketahui bersama bahwa tanggal 20 Nopember adalah merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal tersebut tepatnya 20 Nopember 1946 terjadinya perang Puputan, pasukan Ciung Wanara dibawah pimpinan Letkol I Gusti Ngurah Rai bertempur melawan pasukan Belanda yang hendak menjajah Indonesia kembali setelah Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Dalam pertempuran tersebut Letkol I Gusti Ngurah Rai gugur bersama pasukannya di Umakaang (TPB Margarana yang sekarang). Untuk mengenangnya setiap tanggal 20 Nopember dilaksanakan upacara di TPB Margarana.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K. M.H., Kapolsek Marga I Wayan Suta Arcana, S.H., mengatakan bahwa “berkaitan dengan dilakukannya upacara peringatan HUT Puputan Margarana ke 77, personil Polsek Marga yang ditugaskan adalah dari semua unit seperti Patroli Samapta, Reskrim, Intelkam, Provost, Binmas dan seluruh bhabinkamtibmas Polsek Marga “. Kata Kapolsek Marga.

Kapolsek Marga juga menjelaskan bahwa “personil ditempatkan di beberapa titik persimpangan jalan menuju arah Margarana, seperti di simpang Belayu, simpang depan Pasar Marga, Simpang Banjar Lebah, simpang TPB Margarana dan lokasi. Pengamanan juga dibackup personil Polres Tabanan, Koramil Marga, Dinas perhubungan dan pecalang Desa adat klaci”. Jelas Kapolsek Marga.

“Selain Perseta upacara, masyarakat secara rutin juga mendatangi TPB Margarana setiap tanggal 20 Nopember untuk memberikan penghormatan dengan cara bersembahyang di TPB Margarana. Hal ini perlu pula kami antisipasi sehingga tidak terjadi mogok macet pada jalan menuju TPB Margarana. Kami menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi peraturan berlalulintas, demikian pula saat parkir diingatkan untuk mengunci kendaraan, jangan sampai ada kunci nyantol. Mari kita jaga Kamtibmas secara bersama sama untuk tetap terpeliharanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat “. tutup AKP I Wayan Suta Arcana, S.H.(Senin 20/11/2023 siang.@himas