Nasional

Perkara Pidana Pemilu Flotim, Kades Tuakepa Dituntut 5 Bulan Penjara

2
×

Perkara Pidana Pemilu Flotim, Kades Tuakepa Dituntut 5 Bulan Penjara

Sebarkan artikel ini

FLOTIM – Sidang perkara dugaan tindak pidana Pemilu 2024 di Kabupaten Flores Timur (Flotim), dengan agenda pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap terdakwa Kepala Desa (Kades) Tuakepa, Antonius Doweng Teluma, telah di gelar pada Jumad (15/3/2024).

Bertempat di Pengadilan Negeri Larantuka, JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Larantuka, Flotim, akhirnya menuntut Kades Tuakepa, Kecamatan Titehena, Antonius Doweng Teluma, 5 bulan penjara, denda Rp. 12 juta dan subsider 5 bulan penjara kurungan.

Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Maria Rosdiyanti Servina Maranda yang dihadiri pihak Banwaslu Flotim serta keluarga terdakwa itu terpantau berjalan lancar.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasie Pidum) sebelum membacakan tuntutan JPU kepada terdakwa, menyebutkan adanya pertimbangan terhadap terdakwa yakni, pertimbangan memberatkan dan meringankan.

Hal yang memberatkan yakni, terdakwa Antonius Doweng Teluma sebagai Kepala Desa aktif tidak menjaga netralitasnya, tapi justeru terlibat dalam politik praktis yang melanggar aturan sebagai seorang Kades.

Sedangkan yang meringankan terdakwa yakni, sebagai Kepala Desa aktif yang harus bertanggung jawab terhadap pemerintahan desa, belum pernah dihukum, serta mengakui dan menyesali perbuatannya.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, JPU akhirnya menuntut pidana penjara terhadap terdakwa Kades Tuakepa, selama 5 bulan penjara, denda 12 juta serta subsider kurungan 5 bulan penjara.

Sidang lanjutan kasus ini akan digelar Senin depan dengan agenda pembacaan pledoi dari penasihat hukum terdakwa, Cristo Kabellen. (DAS)